Penajam (ANTARA Kaltim) - Dinas Penddikan, Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Kabupaten Penajam Paser Utara, menerima secara resmi naskah soal ujian nasional (UN) 2015 tingkat Sekolah Menengah Pertama (SMP) sederajat di Mapolres setempat.

"Soal empat mata pelajaran ujian nasional tingkat SMP sudah kami terima di Mapolres Penajam Paser Utara, Jumat pagi. Sebelum didata, paket soal itu akan dibuka dengan disaksikan aparat keamanan kemudian didistribusikan ke kecamatan," ungkap Sekretaris Panitia Ujian Nasional SMP Disdikpora Kabupaten Penajam Paser Utara, Ismail, di Penajam, Jumat.

Pendistribusian soal ujian nasional tersebut kata Ismail, Disdikpora akan berkoordinasi dengan pihak kepolisian, karena soal akan ditempatkan di Polres Penajam Paser Utara kemudian didistribusikan ke Polsek dan Pospol (pos polisi), tempat terdekat pelaksanaan ujian di masing-masing kecamatan dengan pengawalan ketat.

Untuk menghindari kebocoran soal sehingga kerahasiaan soal ujian nasional tetap terjaga lanjut Ismail, lokasi tempat penyimpanan naskah soal ujian negara akan dijaga dengan pengamanan ekstra ketat oleh pihak kepolisian.

"Personel Polres Penajam Paser Utara akan mengawal distribusi dan menjaga tempat penyimpanan soal-soal itu, agar kerahasiaannya tetap terjaga," kata Ismail.

Paket soal tersebut tambahnya, akan disimpan dan dijaga keamanannya hingga menjelang pelaksanaan ujian nasional pada 4 hingga 7 Mei 2015.

Sebelum pelaksanaan ujian nasional kata Ismail, Disdikpora Penajam Paser Utara akan melakukan sosialisasi sehingga pelaksanaan UN berjalan sesuai peraturan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud).

"Kami akan melaksanakan sosialisasi terkait pelaksanaan ujian nasional agar pelaksanaannya sesuai dengan petunjuk teknis (juknis) dan petunjuk pelaksaan (juklak) yang telah diatur oleh Mendikbud," ungkap Ismail.    (*)

Pewarta: Bagus Purwa

Editor : Amirullah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2015