Samarinda (ANTARA Kaltim) - Penyelenggaran bimbingan teknis bagi anggota DPRD Kaltim akan dikelola Universitas Mulawarman Samarinda, sesuai arahan Kementerian Dalam Negeri RI yang menyatakan mulai 2015 penyelenggara harus dari universitas di daerah masing-masing.

DPRD Kaltim yang diwakili Wakil Ketua Andi Faisyal Assegaf dan Sekwan Ahmadi menandatangani Memorandum of Understanding (MoU) dengan Rektor Universitas Mulawarman Masjaya, di Samarinda, Selasa.

Perjanjian nota kesepahaman itu terkait dengan penyelenggaraan bimbingan teknis (Bimtek) bagi anggota DPRD Kaltim oleh Universitas Mulawarman Samarinda, sesuai dengan arahan dari pemerintah pusat.

Wakil Ketua DPRD Kaltim, Andi Fasiyal Assegaf mengatakan, jika Bimtek tahun-tahun sebelumnya diselenggarakan oleh lembaga swasta, maka sesuai arahan Kementerian Dalam Negeri RI, mulai 2015 penyelenggara harus dari universitas di daerah masing-masing.

"Pada dasarnya sama. Hanya lembaga penyelenggara yang berbeda. Yang terpenting dari itu adalah bagaimana anggota dewan bisa mendapatkan informasi dan ilmu pengetahuan terkait materi kekinian," ucap Andi Faisyal .

Menurut dia, tujuan utama dari Bimtek, seminar ataupun hal sejenis lainnya adalah bagaimana memberikan informasi dan materi ilmu pengetahuan yang di antaranya terkait dengan undang-undang, keputusan presiden hingga peraturan menteri. Tentu dibahas oleh narasumber yang berkompeten di bidangnya.

"Sebagai wakil rakyat dengan skala tanggung jawab dan tugasnya, maka anggota dewan dituntut untuk selalu mengetahui segala persoalan di masyarakat. Yang tidak kalah pentingnya adalah bagaimana update tentang berbagai peraturan terkini, karena berpengaruh terhadap berbagai kebijakan yang nantinya akan diambil," katanya.

Politikus asal Demokrat itu berharap agar kerjasama ini bisa terjalin dengan baik dan membantu anggota dewan dalam peningkatan sumber daya manusia, sehingga bermuara kepada semakin menunjang kinerja dewan dalam melaksanakan tugas dan kewajibannya.

Rektor Unmul Samarinda, Masjaya berterima kasih terhadap kepercayaan dari DPRD Kaltim yang menyerahkan penyelenggaraan Bimtek kepada universitas yang dipimpinnya tersebut.

"Ini merupakan tanggungjawab yang besar. Kami akan melakukan yang terbaik atas kepercayaan yang diberikan. Nantinya semua materi yang diberikan tentu akan disesuaikan dengan informasi dan materi yang terbaru sehingga bisa maksimal," tegasnya. (*)

Pewarta: Arumanto

Editor : Didik Kusbiantoro


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2015