Samarinda (ANTARA Kaltim) - Pembangunan daerah pada dasarnya merupakan segala upaya yang dilakukan untuk mengurangi tingkat kemiskinan dan pengangguran melalui peningkatan kualitas sumber daya manusia, pengembangan teknologi, peningkatan pertumbuhan ekonomi dan pemerataan pembangunan.

"Tercapainya sasaran pembangunan yang direncanakan, perlu rumusan prioritas pembangunan Kaltim tahun 2016 yang diselaraskan dengan sembilan agenda nawa cita Jokowi-JK," kata Gubernur Kaltim  Awang Faroek Ishak  pada Musrenbang Kaltim 2015 dalam rangka Penyusunan RKPD 2016 di Convention Hall Samarinda, awal pekan lalu.

Ditambahkan,  pembangunan manusia akan diarahkan pada upaya peningkatan pelayanan pendidikan, pelayanan kesehatan, tersedianya infrastruktur dan perumahan layak huni bagi masyarakat berpenghasilan rendah dan jaminan sosial, serta pembentukan mental, budi pekerti, nilai-nilai patriotisme dan cinta tanah air.

"Pembangunan sektor unggulan penyelarasannya akan diarahkan pada upaya terwujudnya kedaulatan pangan, kedaulatan energi dan ketenagalistrikan, kemaritiman dan kelautan, serta pariwisata dan industri," kata Awang Faroek.

Dikatakan, pemerataan pembangunan antarwilayah dengan penyelarasan prioritas pembangunan daerah dilakukan untuk mendukung peningkatan pemerataan pendapatan antarkelompok masyarakat, antarwilayah dan antardesa.

"Dengan terciptanya pemerataan pembangunan antarwilayah yang seimbang, pemerintah daerah akan dapat mengurangi kesenjangan pembangunan wilayah," ujarnya.

Menurut Awang, untuk mencapai sasaran pembangunan nasional dalam rangka mewujudkan nawa cita pemerintahan Jokowi-JK, maka perlu dilakukan penajaman pencapaian sasaran terhadap beberapa program dan kegiatan pembangunan daerah.

Meliputi sasaran program dan kegiatan pembangunan daerah untuk terwujudnya kedaulatan pangan, reformasi agraria demi pengendalian pemanfaatan lahan pertanian, pendistribusian bibit dan pupuk, pemeliharaan irigasi dalam upaya peningkatan produktifitas pertanian dan nilai tambah petani untuk hidup layak dan lebih sejahtera. (Humas Prov Kaltim/mar)

Pewarta:

Editor : Rahmad


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2015