Penajam (ANTARA Kaltim) - Ujian Nasional (UN) sekolah lanjutan tingkat atas (SLTA) yang akan dilaksanakan 13 April 2015 di Kabupaten Penajam Paser Utara, akan diikuti 1.533 siswa/siswi yang tersebar di 20 sekolah di daerah itu.

"Ujian nasional tingkat sekolah lanjutan atas akan diikuti 1.533 dari 20 sekolah yang terdiri dari, sebanyak 18 SMU dan Madrasah Aliyah serta delapan SMK yang akan dilaksanakan secara serentak pada 13 April 2015," ungkap Kepala Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Penajam Paser Utara Khaeruddin, Rabu.

Para siswa/siswi SLTA yang akan mengikuti UN kata Khaeruddin, sudah dipersiapkan dengan mengikuti ujian pamantapan atau "try out" yang sudah dilaksanakan selama dua kali yakni, pada Januari dan Maret 2015.

"Ujian pemantapan pertama, hasilnya jauh di bawah harapan, namun yang kedua hasilnya memuaskan," katanya.

"Hasil `try out` kedua ini lebih baik dari sebelumnya dengan rata-rata nilai 7,0. Ujian pemantapan ini juga bermanfaat menyiapkan mental siswa dalam menghadapi ujian nasional nanti. Kami optimistis tingkat kelulusan akan mencapai 100 persen," kata Khaeruddin.

Disdikpora Kabupaten Penajam Paser Utara, lanjut Khaeruddin tahun ini (2015) belum siap menggelar ujian nasional secara "online" sehingga masih dilakukan secara manual di masing-masing sekolah.

"Semua sekolah sudah memiliki komputer, tetapi jumlahnya masih sangat terbatas dan tidak sebanding dengan jumlah peserta ujian nasional. Begitupula dengan jaringan listrik, belum semuanya teraliri selama 24 jam, sementara untuk pelaksanaan ujian nasional secara `online' ketersediaan listrik juga sangat penting," kata Khaeruddin.

Jaringan internet kata dia, tidak semua sekolah di Penajam Paser Utara yang memiliki, khususnya di Kecamatan Waru dan Babulu serta Kecamatan Sepaku dan hanya di Kecamatan Penajam hampir seluruh sekolah sudah memilki jaringan internet.

"Jadi, baru tahun depan (2016) seluruh infrastruktur, seperti jaringan internet dan jaringan listrik bisa terpenuhi dan jumlah komputer juga sudah memadai di setiap sekolah," ujar Khaeruddin.    (*)

Pewarta: Bagus Purwa

Editor : Amirullah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2015