Sangatta (ANTARA Kaltim) - DPC PDI Perjuangan Kabupaten Kutai Timur, Kalimantan Timur, mulai melakukan penjaringan bakal calon bupati dan bakal calon wakil bupati untuk diusung pada pemilihan kepala daerah akhir 2015.

"Mulai hari ini hingga 15 Maret mendatang, PDI Perjuangan mulai membuka penjaringan bakal calon," kata Ketua DPC PDI Perjuangan Kutai Timur Agiel Suwarno di Sekretariat DPC Jalan Yos Sudarso, Sangatta, Rabu.

Menurut Agiel, tim penjaringan sudah terbentuk untuk menyampaikan tata cara penjaringan bakal calon yang nantinya akan diusung partainya.

Sekretaris DPC PDIP Kutai Timur Suyono menambahkan pihaknya telah mendapatkan surat dari DPP soal mekanisme penjaringan bakal calon tersebut. Adapun tahapan penjaringan berlangsung mulai 4 hingga 15 Maret.

Setelah itu, pada 16-17 Maret dilakukan verifikasi data dan dilanjutkan proses kelengkapan berkas pendaftaran para bakal calon pada 18-20 Maret. "Ada tiga hari waktu untuk memperbaiki data jika ada kekurangan dalam verifikasi," kata Suyono.

Setelah semua berkas masuk, DPC PDI Perjuangan segera melakukan persiapan untuk menggelar rapat kerja cabang khusus yang rencananya dihelat 25 Maret.

"Nah, dalam Rakercabsus itu, seluruh bakal calon yang sudah mendaftar dan lolos verifikasi akan menyampaikan visi dan misi di depan Pengurus Anak Cabang (PAC) dan Anak Ranting PDIP Se-Kutai Timur," jelasnya.

Ia menambahkan melalui rakercabsus itu, seluruh berkas akan dikirim ke DPP dan DPD PDIP Kaltim untuk mendapatkan rekomendasi.

"Sebelum mengeluarkan rekomendasi, DPP PDIP akan melakukan uji kelayakan dan kepatutan, juga akan menurunkan lembaga survei independen ke Kutai Timur," tambah Suyono. (*)

Pewarta: Adi Sagaria

Editor : Didik Kusbiantoro


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2015