Samarinda (ANTARA Kaltim) -  Para lulusan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) berbagai program keahlian di Provinsi Kalimantan Timur, diharapkan tidak hanya bekerja di perusahaan, tetapi sebagiannya mampu menciptakaan lapangan kerja.

"Dari keterampilan yang dimiliki selama sekolah yang didukung dengan praktik kerja, saya yakin para lulusan SMK memiliki keterampilan sesuai bidangnya, sehingga mereka bukan hanya bisa diterima di pasar kerja, tetapi saya harapkan ada yang mampu menciptakan lapangan kerja," kata Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Kaltim Musyahrim di Samarinda, Sabtu.

Selain itu lanjut dia, para lulusan SMK yang ingin melanjutkan ke jenjang pendidikan lebih tinggi juga mendapat dukungan dari Pemprov Kaltim

Pihaknya tiap tahun selalu menyiapkan beasiswa bagi puluhan ribu penerima melalui program Beasiswa Kaltim Cemerlang (BKC).

Dari program BKC tersebut, ada yang diperuntukkan bagi siswa berprestasi, ada yang melalui pola kerja sama, ada beasiswa dengan sistem kuota, dan ada beasiswa bagi keluarga tidak mampu, sehingga anak dari keluarga miskin juga tetap dapat melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi.

Pada 2015 saja, Pemprov Kaltim menganggarkan dana untuk program BKC lebih dari Rp100 miliar. Alokasi anggaran sebesar itu akan diperuntukkan bagi pelajar dan mahasiswa sebanyak 50.000 penerima sehingga peningkatan SDM di Kaltim dapat dicapai.

Terkait dengan lulusan SMK yang ingin bekerja dan diharapkan mampu menciptakan lapangan pekerjaan, lanjut dia, hal itu akan dapat terwujud asalkan memiliki keinginan kuat untuk menciptakan lapangan pekerjaan, karena keahlian yang dimiliki selama mengambil jurusan tertentu sudah dinyatakan layak yang dibuktikan dengan kelulusan.

Misalnya untuk program keahlian teknik permesinan, melalui keterampilan yang dimiliki, maka lulusan SMK diyakini sudah mampu mengusai jurusan yang dipelajarinya, sehingga mereka bisa membuka bengkel sendiri dan bisa mengajak orang lain menjadi tenaga kerja, sehingga lulusan SMK bisa membantu pemerintah mengurangi angka pengangguran.

Begitu pula dengan program keahlian lainnya seperti teknik pemanfaatan tenaga listrik, jurusan teknik audio video, dan teknik konstruksi batu beton, tentu keahlian itu di samping bisa diterima di pasar kerja juga bisa digunakan untuk membuka lapangan kerja sendiri.(*)

Pewarta: M.Ghofar

Editor : Rahmad


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2015