Samarinda (ANTARA Kaltim) - Pemprov Kalimantan Timur melalui pola kerja sama telah menyiapkan beasiswa untuk 50 mahasiswa baru berbagai program studi (Prodi) di Institut Teknologi Kalimantan (ITK) Balikpapan.

"Tahun ini ITK akan menerima mahasiswa baru sebanyak 300 orang pada 10 prodi yang tersedia, tetapi pemerintah setempat hanya menyediakan kuota sebanyak 50 `Beasiswa Kaltim Cemerlang` (BKC) untuk warga Kaltim," kata Ketua Tim Pengelola BKC Basmen Nainggolan di Samarinda, Jumat.

Basmen yang juga Kepala Bidang Pembinaan SMK dan Perguruan Tinggi Dinas Pendidikan Kaltim mengatakan bahwa persyaratan memperoleh BKC, itu calon mahasiswa ITK harus melakukan tes khusus yang dilakukan oleh tim dari Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya.

Apabila dinyatakan lulus, maka selain bisa diterima di ITK juga berhak mendapatkan BKC dari Pemprov Kaltim selama lima tahun, atau hingga lulus menjadi sarjana.

Bagi mahasiswa baru ITK, perkulihan akan dimulai pada September 2015 yang kemungkinan besar dilakukan di kampus sendiri, tidak seperti kakak-kakak tingkatnya yang hingga saat ini masih menjalani perkulihaan di ITS Surabaya karena Kampus ITK masih dalam tahap pembangunan.

Selama ini, Pemprov Kaltim telah memberi beasiswa kepada mahasiswa ITK Balikpapan sebanyak 260 orang yang mulai diberikan sejak 2012 hingga saat ini. Kemudian mulai 2015 akan ditambah 50 mahasiswa lagi yang mendapat beasiswa, sehingga total BKC untuk mahasiswa ITK akan menjadi 310 orang.

Menurut Basmen, dalam waktu dekat pihaknya akan membantu pengadaan mebeler untuk ITK Balikpapan, sehingga pada September perkulihannya bisa dijalankan yang kemungkinan dimulai dari mahasiswa baru, sementara mahasiswa lama yang masih di ITS, mereka akan berangsur-angsur pindah ke ITK sampai semua fasilitasnya lengkap.

Selama ini, pembangunan ITK Balikpapan menghabiskan anggaran sekitar Rp50 miliar dari APBN, sedangkan total kebutuhan hingga menuntaskan semua gedung dan fasilitasnya, diperkirakan menelan anggaran mencapai Rp2,3 triliun. (*)

Pewarta: M Ghofar

Editor : Rahmad


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2015