Samarinda (ANTARA Kaltim) -  Kota Samarinda mendapatkan kado sebagai juara ketiga kategori Keterbukaan Informasi Publik dari Komisi Informasi Provinsi Kalimantan Timur saat peringatan Hari Ulang Tahun ke-55 Pemkot Samarinda di GOR Segiri.

"Berdasarkan hasil penilaian, Pemkot Samarinda memiliki komitmen baik untuk mewujudkan keterbukaan informasi, yakni dibuktikan terpenuhinya sejumlah unsur penunjang berkaitan fasilitas pelayanan informasi publik," kata Ketua Komisi Informasi (KI) Kaltim Eko Satya Husada di Samarinda, Rabu.

Pada kesempatan itu, Eko Satya menyerahkan piagam penghargaan kepada Wali Kota Samarinda Syaharie Jaang dalam rangkaian upacara peringatan HUT Pemkot Samarinda dan HUT ke-347 Kota Samarinda.

Menurut ia, penyerahan piagam penghargaan ini merupakan yang pertama kali dilakukan untuk Pemkot Samarinda. Setelah ini, menyusul Pemkot Balikpapan pada Kamis (22/1) dan Pemkab Penajam Paser Utara pada Jumat (23/1).

Pemberian piagam penghargaan ini juga yang pertama kali dilakukan oleh KI Provinsi Kaltim, karena tahun sebelumnya hanya sekadar evaluasi.

Sementara untuk program ke depan, lanjut Eko, pihaknya akan melakukan penilaian setiap tahun yang diawali evaluasi setiap tiga bulan, kemudian mengingatkan kepada pemkot dan pemkab tentang apa yang masih kurang, dilanjutkan penilaian dan pemberian penghargaan pada akhir tahun.

Adapun penilaian yang dilakukan mulai pengelolaan laman (website) resmi instansi, pelaksanaan keterbukaan informasi, mengisi sejumlah pertanyaan yang diajukan KI, hingga dilakukan visitasi atau melihat lebih dekat untuk memastikan kelengkapan fasilitas pelayanan informasi publik, dan informasi publik yang tersedia setiap saat.

"Penilaian juga dilakukan terhadap kreativitas dan inovasi sebagai badan publik dalam memberikan pelayanan KIP kepada masyarakat. Semua teknik penilaian yang dilakukan mengacu standar KI Pusat," ujarnya.

Sedangkan hasil dari semua penilaian yang dilakukan KI Kaltim 2014 adalah juara pertama Kota Balikpapan, juara kedua Kabupaten Kutai Kartanegara, juara ketiga Kota Samarinda, juara keempat Kota Bontang, dan Kabupaten Penajam Paser Utara di posisi kelima.(*)

Pewarta: M.Ghofar

Editor : Rahmad


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2015