Samarinda (ANTARA Kaltim) -  Wali Kota Balikpapan, Rizal Effendi mengatakan pemerintah daerah akan segera membenahi Pasar Inpres Kebun Sayur pascakebakaran agar pengunjung yang berbelanja cenderamata dan kerajinan khas Kalimantan merasa nyaman.

"Selama ini banyak keluhan dari pengunjung yang akan berbelanja seperti susahnya mencari tempat parkir, tempat kuliner dan fasilitas penitipan anak," kata Rizal di Samarinda, Kalimantan Tinur, Jumat.

Menurut dia, pembenahan perlu segera dilakukan karena pasar cenderamata tersebut sudah mendunia dan terkenal sebagai tempat berjualan batu-batu permata.

"Kami harapkan para pedagang mau memahaminya dengan dilengkapi fasilitas tersebut. Bahkan nantinya pasar tersebut buka sampai malam agar pengunjung dapat berbelanja lebih leluasa," kata Rizal.

Menurut dia, pembangunan 135 kios di area bekas kebakaran dapat menghabiskan dana sekitar Rp1,07 miliar lebih.

Peristiwa kebakaran yang terjadi di pusat perbelanjaan cenderamata dan kerajinan Kalimantan tersebut terjadi pada Selasa pagi (6/1) sekitar pukul 05.30 Wita.

Sebanyak 135 kios pada enam blok hangus dilalap api. Adapun blok yang terbakar yakni Blok A sebanyak 24 kios, B ada enam kios, E ada 24 kios, F ada 24 kios, G ada 24 kios dan L sebanyak 33 kios.(*)

Pewarta: Susylo Asmalyah

Editor : Rahmad


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2015