Samarinda (ANTARA Kaltim) - Sebanyak 79 atlet Kalimantan Timur yang siap berlaga di ajang olahraga persahabatan Brunei Darussalam, Indonesia, Malaysia, Philippines East ASEAN Growth Area VIII di Labuan, Malaysia, dilepas Wakil Gubernur Kaltim, Mukmin Faisyal.

"Saya yakin kontingen ini sudah siap mental dan fisik untuk betanding di Malaysia. Saya berpesan, jaga sportivitas dan bermainlah tanpa kecurangan," kata M Mukmin Faisyal saat melepas para atlet tersebut di Samarinda, Jumat.

Dia menggelorakan rasa percaya diri para atlet dan memberikan semangat bahwa semua atlet yang dikirim tersebut akan memperoleh prestasi karena semua atlet yang dikirim merupakan tlet pilihan yang sebelumnya telah memperoleh prestasi di cabang olahraga masing-masing.

Ke-79 atlet Kaltim itu akan bertanding pada 10 cabang olahraga di Labuan, Malaysia, selama lima hari, 6 hingga 10 Desember 2014.

BIMP-EAGA merupakan forum kerja sama yang memiliki nilai strategis baik dari aspek ekonomi, gegografis, budaya serta lingkungan hidup, sehingga selain memupuk dan menghasilkan prestasi, kegiatan ini juga untuk mempererat persahabatan antarnegara penyelenggara.

Selain melepas kontingen BIMP-EAGE, dalam waktu yang sama Wagub Kaltim juga melepas keberangkatan 133 kontingen PON Kaltim yang akan berlaga di PON Remaja I Surabaya yang berlaga pada 9-15 Desember dengan 13 cabang olahraga yang diikuti Kaltim.

Pada acara tersebut juga dilakukan penyerahan Bendera Provinsi Kaltim secara resmi, yakni dari Wakil Gubernur Kaltim kepada Ketua KONI Kaltim Zuhdi Yahya.

Keikutsertaan para remaja pada PON ini membuktikan bahwa Kaltim memiliki potensi olahragawan yang cukup banyak. Sejumlah catatan menunjukkan atlet Kaltim mampu mengukir prestasi memuaskan, baik di tingkat daerah maupun nasional.

Melalui PON Remaja I dan olahraga persahabatan BIMP-EAGA, dia berharap agar semangat mengukir prestasi hendaknya terus dikobarkan, bahkan di ajang-ajang lomba manapun semangat yang dimiliki para atlet harus terus membara.

"Saya ingatkan kepada ofisial, pelatih, dan pembina agar menjaga perstuan, jalin kerja sama dan koordinasi agar tim selalu kompak. Jaga nama baik Kaltim, berlakulah sopan, bersikaplah sportif dan jujur dalam bertanding," katanya.   (*)

Pewarta: M Ghofar

Editor : Amirullah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2014