Samarinda (ANTARA Kaltim) - Badan Kehormatan (BK) DPRD Kalimantan Timur melakukan studi banding ke DPRD DKI Jakarta dalam rangka mencari informasi mengenai hal-hal yang terkait dengan tugas dan fungsi BK dewan.

Rombongan yang dipimpin langsung oleh Ketua BK DPRD Kaltim Ali Hamdi diterima Kepala Bagian Humas DPRD DKI Jakarta Zulkarnaen, Kamis.

Turut serta dalam romobongan BK DPRD Kaltim itu adalah Wakil Ketua BK Ichruni Lufti Sarasaksi dan Suterisno Thoha (anggota), Ndan Imang (Tenaga Ahli), Rachmad Sofyan (Staf), Muhamad Yunus (Staf) dan Siti Nurnaningsih (Staf).

Ini merupakan yang pertama kalinya BK DPRD Provinsi Kaltim periode 2014-2019 menyambangi DPRD Provinsi DKI Jakarta dalam rangka mencari informasi terkait tugas dan fungsi BK di DPRD.

Pada pertemuan yang berlangsung akrab dan penuh kekeluargaan itu Ketua BK DPRD Kaltim Ali Hamdi DKI Jakarta merupakan wilayah sentral ibu kota negara, sehingga terdapat banyak sekali permasalahan yang dihadapi.

"Tujuan dari kunjungan kami adalah untuk mencari informasi sebagai bahan pembanding. Diharapkan setelah kunjungan ini BK dapat bertugas lebih baik. Tugas dari BK sendiri ialah untuk mengontrol, seperti soal kehadiran, pakaian, termasuk pelangaran-pelanggaran kode etik berupa norma," ujarnya.

Dia menyontohkan jika ada masyarakat yang dirasa dirugikan oleh anggota DPRD bisa langsung dikonsultasikan. Karena tempat untuk menampung keluhan masyarakat tersebut adalah BK.

DPRD DKI Jakarta, katadia, tentu saja sarat akan aktifitas mengingat kota ini merupakan kota utama negeri ini. Beragam persoalan terjadi dan bagaimana dewan menyikapinya, bakal menjadi masukan dan pembelajaran penting bagi wakil rakyat kaltim.

Menurut Ali Hamdi apa saja kegiatan BK DPRD DKI Jakarta serta beberapa hal terkait dengan produk hukum yang sudah dirumuskan oleh anggota BK periode ini maupun periode sebelumnya akan menjadi referensi kami dalam melaksanakan tugas dan fungsinya sebagai salah satu alat kelengkapan DPRD.

"Karena BK DPRD Kaltim baru terbentuk, oleh sebab itu perlu masukan penting untuk melancarkan mekanisme operasional. Kunjungan ke DKI Jakarta diharapkan dapat membuat mekanisme yang sama agar salah satunya jika ada keluhan terkait kinerja anggota DPRD dapat segera direspons dan ditindak," ujarnya.

Sementara itu anggota BK DPRD Kaltim Suterisno Thoha mengatakan kegembiraannya karena telah disambut dan diterima dengan baik oleh DPRD DKI Jakarta.

"Alhamdulillah kami disambut baik. Pertemuan antara DPRD DKI Jakarta dan dewan Kaltim tentunya sangat bermanfaat sekali, terlebih kita akhirnya mendapat banyak bahan-bahan untuk dikaji dan diterapkan di Kaltim," katanya.   (*)

Pewarta: Arumanto

Editor : Amirullah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2014