Samarinda (ANTARA Kaltim) -  Pemerintah Kota Samarinda, Kalimantan Timur, meminta Asosiasi Logistik dan Forwarder Indonesia (ALFI) agar menaikkan tarif jasa logistik di daerah itu secara proporsional.

"Kami menyarankan kepada pengurus baru ALFI Samarinda agar dalam menaikan tarif jasa logistik bisa membahasnya secara proposional," kata Wakil Wali Kota Samarinda Nusyirwan Ismail pada pengukuhan pengurus ALFI Samarinda, Selasa.

Daya beli masyarakat di Samarinda menurut Nusyirwan Ismail, dikategorikan sangat baik sehingga jangan sampai menurun akibat tidak bisa mengimbangi tarif logistik baru yang ditetapkan oleh pengurus ALFI yang baru.

"Syukur-syukur kalau tarif yang diusulkan nanti tidak jadi naik, karena perhitungan distribusi barang yang masuk ke Samarinda jumlahnya jauh lebih besar sehingga menjadi pertimbangan tersendiri bagi ALFI," kata Nusyirwan Ismail.

Namun, ia tak memungkiri kenaikan harga BBM bersubsidi otomatis akan mempengaruhi semua komponen terkait. Terpenting kata Nusyirwan Ismail, inflasi harus tetap bisa dikendalikan dengan kondusif.

"Harus diakui, majunya pertumbuhan pembangunan di Kota Samarinda karena dipengaruhi daya beli masyarakat yang baik," ujar Nusyirwan Ismail.

Ia berharap, dengan terbentuknya kepengurusan baru ALFI di Samarinda, setidaknya bisa menjadi mitra bagi pemerintah dalam menopang kegiatan dunia usaha.

Peran ALFI menurut Nusyirwan Ismail sendiri sangat penting mengingat distribusi barang yang masuk ke Samarinda pada umumnya untuk menopang kebutuhan Kalimanatan Timur khususnya daerah terdekat seperti, Kabupaten Kutai Kartanegara, Kota Bontang, Kabupaten Kutai Barat dan Kutai Timur.

"Sekarang tinggal kita yang harus bisa mengendalikan bagaimana caranya menjaga sinergitas yang baik agar alur barang tetap bagus dan harga barang tetap stabil," ujar Nusirwan Ismail

Sementara, Ketua DPW ALFI Kalimantan Timur Faisal Tola mengatakan, keberadaan ALFI sendiri sangat berperan penting bagi kabupaten/kota di Kaltim dalam mendistribusikan barang dari pelabuhan yang menjadi kebutuhan pokok masyarakat.

Ia berharap pemerintah selalu mendukung dan membantu ALFI dalam memperlancar alur pendistribusian barang dari pelabuhan menuju pergudangan.(*)

Pewarta: Amirullah

Editor : Rahmad


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2014