Samarinda (ANTARA Kaltim) -  Pemerintah Proviinsi Kalimantan Timur melalui intansi terkaitakan melakukan pengadaan 100 unit peralatan biogas pada 2015 untuk didistribusikan kepada masyarakat di pedesaan maupun pinggiran kota yang memiliki peternakan sapi maupun kerbau.

"Usulan dana untuk pengadaan 100 unit biogas tersebut telah kami lakukan baik melalui APBN maupun APBD Kaltim," ujar Kepala Dinas Peternakan Provinsi Kalimantan Timur Dadang Sudarya di Samarinda, Senin.

Peralatan biogas tersebut, kata dia, akan diserahkan kepada sejumlah kelompok ternak baik yang berada di Kota Samarinda, Bontang, Balikpapan, Kabupaten Berau, Kutai Timur, Kutai Barat, Paser, Penajam paser Utara, Kutai Kartanegara, dan Kabupaten Mahakam Ulu.

Ia mengatakan mereka yang akan menerima peralatan biogas adalah kelompok ternak yang memelihara sapi maupun kerbau, pasalnya bahan baku untuk biogas yang akan diberikan berasal dari kotoran hewan (kohe) baik sapi maupun kerbau.

Dadang yang didampingi Kepala Bidang Budidaya dan Perbibitan I Gusti Made Jaya Adhi melanjutkan tiap tahun Pemprov Kaltim selalu mendistribuskan perlatan biogas kepada warga di perdesaan agar mereka mampu mencukupi energi sendiri, baik energi untuk memasak di dapur maupun untuk lampu penerang.

Pada 2014 ini saja, kata dia, pihaknya telah menyalurkan sebanyak 105 unit peralatan biogas, dengan rincian untuk peternak di Kabupaten Paser terdapat tujuh kelompok penerima dengan total 25 unit biogas.

Selain itu Kabupaten Kutai Barat terdapat dua kelompok penerima dengan jumlah lima unit biogas, Kota Bontang terdapat satu kelompok dengan dua unit biogas, Kutai Timur terdapat dua kelompok dengan jumlah 20 unit, Berau lima kelompok ternak dengan jumlah 20 kelompok.

Untuk Penajam Paser Utara terdapat empat kelompok dengan jumlah 15 unit biogas, Kabupaten Kutai Kartanegara terdapat 12 kelompok dengan jumlah 15 unit, dan Kota Samarinda terdapat tiga kemlompk ternak dengan jumlah biogas yang diterima sebanyak tiga unit. (*)

Pewarta: M.Ghofar

Editor : Rahmad


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2014