Samarinda (ANTARA Kaltim) - Siswa Sekolah Khusus Olahragawan Internasional (SKOI) Kalimantan Timur mendapat beasiswa Kaltim Cemerlang yang disalurkan pemerintah provinsi untuk pelajar dan mahasiswa umum agar prestasinya terus meningkat.

"Tahun ini sebanyak 70 siswa di SKOI Kaltim mendapat Beasiswa Kaltim Cemerlang, baik untuk jenjang SMP maupun SMA Khusus Olahraga," ujar Ketua Tim Pengelola Beasiswa Kaltim Cemerlang Basmen Nainggolan di Samarinda, Selasa.

Basmen yang juga Kabid Pembinaan SMK dan Perguruan Tinggi Dinas Pendidikan Kaltim mengatakan beasiswa untuk 70 siswa SKOI Kaltim tersebut, masing-masing mendapat beasiswa dengan nilai yang berbeda, karena disesuaikan dengan prestasi yang diraih baik prestasi di tingkat daerah, nasional, maupun internasional.

Total nilai beasiswa Kaltim Cemerlang pada 2014 mencapai Rp203,81 miliar. Anggaran tersebut sebagian besar telah disalurkan kepada mereka yang berhak penerima sebanyak 50.785 orang yang tersebar di kabupaten dan kota di Kaltim.

Ia mengatakan program beasiswa sebagai salah satu upaya meningkatkan kualitas pendidikan di daerah. Hal ini didasari bahwa pendidikan yang baik akan mampu menciptkan kualitas sumberdaya manusia (SDM) yang baik pula, bahkan lebih unggul dan memiliki daya saing.

Di sisi lain, Pemprov Kaltim juga berupaya mewujudkan pemerataan pendidikan, di antaranya dengan menyiapkan beasiswa yang dapat dinikmati masyarakat hingga pelosok dan daerah terpencil, baik yang pendaftarannya secara online maupun sistem quota yang diserahkan kepada kabupaten untuk mengelolanya.

Pemberian beasiswa juga dimaksudkan untuk memenuhi kebutuhan dalam mendukung pembangunan daerah. Karenanya SDM berkualitas harus disiapkan agar ke depan warga Kaltim bisa membangun daerah dengan keterampilan yang dimiliki dari bidang keahlian masing-masing.

Beasiswa Kaltim Cemerlang (cerdas merata dengan prestasi gemilang) yang digulirkan tersebut, bukan hanya untuk pelajar dan mahasiswa yang berprestasi, tetapi juga untuk mereka yang tidak mampu, termasuk program khusus seperti kedokteran dan lainnya.   (*)

Pewarta: M Ghofar

Editor : Amirullah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2014