Sebanyak 50 stan produk unggulan desa dari sepuluh kabupaten/kota di Provinsi Kalimantan Timur ikut memeriahkan Pameran Produk Unggulan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) atau Ekspo Bumdes Kaltim 2024 di Atrium Big Mall Samarinda.

Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Kaltim Sri Wahyuni di Samarinda, Sabtu, mengatakan BUMDes memiliki peran vital dalam membangun perekonomian desa. Dengan peran strategis itu, BUMDes di setiap desa yang ada di Kaltim diharapkan mampu meningkatkan performa bisnis untuk meningkatkan pendapatan dan kesejahteraan masyarakat desa.

"Kami berharap dari kegiatan Ekspo BUMDes hari ini, bapak-ibu bisa menyapa masyarakat Kaltim dan menjajaki sektor usaha lain yang potensial dikembangkan di desa," kata Sekda Sri saat membuka Ekspo BUMDes 2024 di Atrium Big Mall Samarinda, Sabtu.

Sekda mengapresiasi kegiatan Ekspo BUMDes garapan Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (DPMPD) dan berharap kegiatan ini bisa menjadi agenda rutin untuk memperluas pemasaran produk unggulan desa

Sementara itu Kepala DPMPD Kaltim Puguh Harjanto mengungkapkan Ekspo BUMDes 2024 menghadirkan 50 stan pameran yang menyajikan produk unggulan dari UMKM dan BUMDes kabupaten/kota se-Kalimantan Timur.

Dari kegiatan selama tiga hari pada 11-13 Oktober 2024 di Atrium Big Mall Samarinda ini, para pelaku UMKM dan pegiat BUMDes dapat menjalin jejaring kolaborasi untuk saling mendukung dunia usaha di lingkup desa. Sebab menurutnya, pembangunan dan kemajuan desa tak terlepas dari peran badan usaha.

"Kreativitas dan inovasi yang dilakukan di BUMDes akan berdampak pada kemajuan desa," tuturnya.

Kegiatan Ekspo BUMDes juga dirangkai dengan Penghargaan Anugerah Desa Membangun Tahun 2024. Dengan beberapa kategori di antaranya BUMDes Terbaik, Lomba Desa/Kelurahan, Video Potensi Desa, Lomba Posyandu, Posyantek, Penanganan Stunting, Desa Digital, Produk Olahan Desa, dan Inovasi Teknologi Tepat Guna (TTG).
 

Pewarta: Arumanto

Editor : M.Ghofar


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2024