Samarinda (ANTARA Kaltim) -  Dinas Pendidikan Provinsi Kalimantan Timur akan menggelar Pentas Seni Agama Islam jenjang SMP dan SMA tingkat provinsi, meliputi lomba Tilawatil Quran, hafalan ayat Quran, ceramah, kaligrafi, cerdas cermat, qasidah, marawis, dan nasyid.

"Pentasi seni khusus agama Islam ini segera kami gelar Oktober, tetapi tanggalnya belum dapat dipastikan karena masih berkoordinasi dengan pusat terkait teknisnya," ujar Kepala Bidang Pembinaan SMP dan SMA Dinas Pendidikan Kaltim, Deslan Nispayani di Samarinda, Selasa.

Deslan yang didampingi Kasi Kurikulum dan Kesiswaan Suriana mengatakan kegiatan ini cukup positif dalam upaya memotivasi pelajar di sekolah umum untuk pengembangan karakter dan spiritual, khususnya upaya meningkatkan pemahaman serta kemampuan dalam seni dan isi kandungan Quran.

Pentas tersebut, kata dia, sebagai wahana kompetisi bagi siswa di bidang seni, keterampilan khsus, dan kreativitas di bidang pendidikan agama Islam secara berjenjang mulai dari tingkat sekolah, gugus, kecamatan, kabupaten/kota hingga tingkat provinsi, bahkan hingga tingkat nasional.

Siswa di sekolah umum diharapkan tidak kalah dengan sekolah keagamaan, yakni dalam pengetahuan maupun pemahaman terhadap Al Qur'an, sehingga ke depan diharapkan tidak hanya ada taman kanak-kanak (TK) Al Qur'an, tetapi harus ada SD, SMP bahkan SMA Al Qur'an.

Hal ini perlu diwujudkan karena selama ini anak-anak sejak usia dini melalui TK Al Qur;an telah diajarkan cara membaca sekaligus pengertian tentang isi kitab suci tersebut, tetapi masa pendidikan di TK terkait keagamaan tidak dilanjutkan pada jenjang pendidikan yang lebih tinggi.

Padahal setelah lulus atau selesai menjalani pendidikan di TK Al Quran, belum menjadi jaminan bahwa anak-anak tersebut sudah mampu membaca Qur'an dengan baik, terlebih untuk mengerti dan memahami isinya.

Oleh karenanya, katanya, kondisi ini hendaknya menjadi perhatian seluruh pihak dalam meningkatkan kemampuan dan pemahaman serta pengetahuan terhadap Quran, terutama bagi anak-anak di sekolah umum. (*)

Pewarta: M.Ghofar

Editor : Rahmad


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2014