Samarinda (ANTARA Kaltim) -  Ikatan Anggar Seluruh Indonesia (Ikasi) Kalimantan Timur berharap adanya kontinuitas pengiriman peanggar muda dalam berbagai kejuaraan nasional.

Menurut Ketua Ikasi Kalimantan Timur, Muslimin, di Samarinda, Kaltim, Selasa, atlet anggar muda Kaltim telah menorehkan prestasi dengan meraih emas dalam turnamen anggar junior 2014 di Probolinggo, Jawa Timur, belum lama ini.

Dengan wujud prestasi dari kejurnas itu, Muslimin berharap adanya kontinuitas pengiriman atlet pelajar di berbagai kejuaraan nasional.

Peanggar Kalimantan Timur, M Amin, berhasil meraih satu medali emas dalam turnamen anggar junior 2014 di Probolinggo, Jawa Timur. Emas itu diraih M Amin untuk kelas Floret kategori SMA.

"Dia (Amin-red) turun di dua kategori yakni junior dan SMA, di kategori SMA dia mendapatkan satu emas dan di junior mendapatkan perak," jelas Muslimin.

Pada kejuaraan open turnamen tersebut, Kaltim menurunkan enam atlet, dan sukses meraih 1 emas, 3 perak dan 3 perunggu.

"Tiga atlet kami mendapatkan bantuan Dispora melalui SKOI, dan tiga lainnya kami biayai melalui pengprov IKASI," papar Muslimin.

Menuruti Muslimin, ke-enam atlet tersebut sebenarnya tergolong atlet yang masih baru, namun kenyatannya setelah dikirimkan mengikuti kejurnas justru bisa berprestasi.

"Pada kejurnas ini kami tidak ada target, dan sasarannya hanya untuk menambah jam terbang, tapi diluar dugaan justru kami bisa meraih emas," ungkap Muslimin.

Dikatakannya bahwa pihaknya akan terus menjalin kerjasama dengan Dispora Kaltim, minimal beberapa atlet kita bisa dibantu dalam setiap even kegiatan.

Dalam waktu dekat, lanjut Muslimin, bakal ada kejuaraan antar pelajar di Sumatera Selatan bulan November mendatang. Dia berharap atlet anggar Kaltim bisa ikut berpartisipasi.

"Para atlet pelajar merupakan aset prestasi dimasa mendatang, mereka harus dibina dan dilatih sebaik mungkin agar semakin terasah kemampuannya," tegas Muslimin.(*)

Pewarta: Arumanto

Editor : Rahmad


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2014