Samarinda (ANTARA Kaltim) -  Dinas Peternakan Provinsi Kaltim bersama pihak terkait menyiapkan sapi sebanyak 13.923 ekor untuk menghadapi Idul Adha yang tinggal beberapa hari lagi, tepatnya pada 5 Oktober 2014.

"Kami yakini sapi yang disiapkan ini, masih lebih dari cukup karena perkiraan yang kami hitung, jumlah kebutuhannya sebanyak 13.302 ekor," ujar Kepala Dinas Peternakan Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim) Dadang Sudarya di Samarinda, Senin.

Usai membuka Pertemuan Apresiasi Kesejahteraan dan Juru Sembelih Halal, ia mengatakan sapi sejumlah itu apabila dipotong setara dengan 2.186 ton daging, sedangkan perkiraan kebutuhan daging pada hari raya kurban ini sebanyak 2.088 ton atau setara dengan 13.302 ekor.

Selain menyiapkan sapi untuk hewan kurban, daging beku yang tersedia juga cukup banyak sehingga jika ada masyarakat yang tidak mendapatkan daging segar di pasar karena banyak yang disembelih untuk kurban, tidak perlu khawatir karena daging beku masih bisa didapatkan di sejumlah pasar swalayan.

Menurut Dadang daging beku yang disiapkan sebanyak 59 ton, sedangkan perkiraan daging beku yang siap dikonsumsi warga dalam beberapa hari ke depan, atau sepanjang musim hari daya kurban sekitar 58 ton sehingga stoknya masih mencukupi, bahkan kelebihan.

Demi kesejahteraan hewan katanya, pemerintah telah mengeluarkan peraturan, yakni UU Peternakan dan Kesehatan Hewan Nomor 18 tahun 2009, terutama yang terkandung dalam pasal 66 ayat 1.

Dalam ayat itu disebutkan, untuk kepentingan kesejahteraan dilakukan dengan tindakan yang berkaitan dengan penangkapan dan penanganan, penempatan dan pengandangan, pemeliharaan dan perawatan, pengangkutan, pemotongan, serta perlakukan yang wajar pada hewan.

Ini berarti pemotongan hewan perlu dilakukan dengan baik sehingga hewan bebas dari rasa sakit, rasa takut dan tertekan, dan bebas dari penganiayaan.

Sedangkan aspek yang perlu diperhatikan dalam pelaksanaan pemotongan hewan qurban adalah aspek kesehatan, aspek kesejahteraan, aspek kehalalan saat memotong, dan aspek kesehatan masyarakat veteriner (bebas penyakit hewan).

Jumlah sapi untuk memenuhi kebutuhan hewan kurban pada Idul ADHA 1435 Hijriyqah ini lebih banyak ketimbang tahun seblumnya, yakni sebanyak 13.583 ekor, sedangkan kebutuhan saat itu sebanyak 12.978 ekor. (*)

Pewarta: M.Ghofar

Editor : Rahmad


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2014