Samarinda (ANTARA Kaltim) - Pengurus Provinsi Ikatan Anggar Seluruh Indonesia (IKASI) Kalimantan Timur mulai serius untuk mendatangkan pelatih dari Korea dalam rangka persiapan jangka panjang menuju PON 2016 di Jawa Barat.

Ketua umum Pengprov IKASI Kaltim Muslimin di Samarinda, Kamis, mengatakan pihaknya tengah mengajukan kontrak dengan pelatih Korea tersebut untuk menangani atlet anggar Kaltim mulai awal tahun depan.

"Awal Januari kita harapkan pelatih asing tersebut sudah bisa melatih di Kaltim, meski program KONI Kaltim untuk pelatih belum ada anggarannya namun kami akan mengupayakan lebih dulu dengan dana pribadi," kata Muslimin.

Pelatih Korea yang bakal dikontrak oleh Pengprov IKASI Kaltim adalah Mr Yun Nam -Jin, yang sebelumnya pernah menangani tim PON Jawa Barat.

"Dia (Mr Yun) merupakan pelatih floret, yang punya reputasi Internasional baik sebagai atlet maupun pelatih," ujarnya.

Menurut Muslimin nilai kontrak pelatih Korea tersebut per bulan sekitar Rp 25 juta, yang sudah meliputi akomodasi dan konsumsi selama berdomisili di Kaltim.

"Persoalannya saat ini anggaran KONI Kaltim untuk pelatih asing memang belum ada, mau tidak mau kami harus mengupayakan dana sendiri, supaya bisa terealisasi dengan cepat," katanya.

Dia mengatakan pertimbangan Pengprov IKASI Kaltim mendatangkan pelatih dari Korea tersebut, karena memang kualitasnya yang cukup baik untuk menangani nomor senjata floret.

Disisi lain Mr Yun juga sudah bisa beradaptasi dengan iklim di Indonesia, dan sedikit-sedikit sudah bisa berbahasa Indonesia.

"Dia (Mr Yun) sudah satu tahun lebih tinggal di Indonesia, ketika menangani tim Jabar, dan saya rasa bila berdomisili di Samarinda pun juga bakal tidak ada kendala bagi Mr Yun," kata Muslimin.   (*)

Pewarta: Arumanto

Editor : Amirullah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2014