Samarinda (ANTARA Kaltim) - Gubernur Kaltim, Dr H Awang Faroek Ishak menyerahkan bantuan dana pendidikan melalui program Kaltim Cemerlang (Cerdas, Merata, Prestasi Gemilang) untuk tahap pertama, kepada 28.606  dari target 50.274 penerima pada tahun ini.

Program tersebut merupakan bagian dari tekad Pemerintah Provinsi Kaltim untuk meningkatkan pembangunan bidang pendidikan dan peningkatan sumber daya manusia (SDM) berkualitas dan berdaya saing tinggi.

Salah satu upaya yang dilakukan dibawah kepemimpinan Gubernur Awang Faroek Ishak, adalah   program bantuan pendidikan Beasiswa Kaltim Cemerlang.  Pada tahun anggaran 2014 secara keseluruhan dana bantuan beasiswa ini mencapai Rp12,153 miliar untuk 50.274 orang terdiri dari siswa sekolah dasar, pelajar (SMP dan SMA sederajatn) serta mahasiswa.

“Kita kembali menyerahkan bantuan Beasiswa Kaltim Cemerlang untuk tahun ini sebesar Rp121,153 miliar bagi 50.274 penerima,” ujar Gubernur Awang Faroek Ishak pada Penyerahan Beasiswa Kaltim Cemerlang Tahun 2014 di GOR Segiri Samarinda, Senin (22/9).

Menurut dia, Pemprov Kaltim terus berusaha memberikan beasiswa Kaltim Cemerlang kepada anak-anak di daerah yang tidak mampu maupun mereka yang memiliki prestasi yang penyalurannya dilakukan secara terbuka dan transparan sehingga diketahui masyarakat.

Meskipun lanjut Gubernur, belum sepenuhnya dapat memuaskan keinginan sesuai keperluan biaya pendidikan. Namun bantuan yang diterima saat ini patut disyukuri dan dimanfaatkan dengan baik tidak semua mahasiswa mendapatkannya.

“Di antara para penerima saat ini, masih ada ribuan orang lainnya se-Kaltim termasuk Kaltara yang juga memerlukan bantuan pendidikan. Kita yakin, hanya dengan pendidikan berkualitaslah, masyarakat dapat menghadapi persaingan global,” ujarnya.

Pemprov Kaltim tidak segan-segan menginvestasikan dana pendidikan dalam bentuk beasiswa dengan harapan dan tujuan yang sangat jelas. Agar daya saing putra-putri Kaltim mampu mengimbangi kemajuan global.

“Sehubungan dengan itu dan sesuai dengan sasaran rencana pembangunan Nasional, saya berharap pada 2025 seluruh usia produktif di Kaltim dapat berkualifikasi minimal pendidikan Diploma atau sarjana,” harap Awang Faroek Ishak.

Sementara itu Kepala Dinas Pendidikan Kaltim H Musyahrim menyebutkan dari jumlah 50.274 penerima Beasiswa Kaltim Cemerlang tahun ini,  yang terealisasi tahap pertama sebanyak 28.606 penerima terdiri pelajar, mahasiswa program D3, S1, S2 dan S3.

Masing-masing untuk program kabupaten dan kota sasaran 25.315 orang dan terealisasi 13.532 penerima atau sisa sekitar 11.783 orang. Sedangkan program perguruan tinggi dari 11.075 orang yang terealisasi 8.234 penerima atau sisa 2.841 orang.

Program khusus magister sasaran 310 terealisasi 259 orang atau sisa 51 penerima. Program  khusus kerjasama dengan kuota 1.095 orang  dan terealisasi 1.090 penerima atau sisa lima orang.

Program khusus Dinas Pendidikan Kaltim (SKOI dan D3 Kesehatan) target 3.047 orang dan terealisasi sebanyak 153 penerima tersisa 2.894 orang. Program masyarakat umum (online) sasaran 9.432 orang dan terealisasi 5.338 penerima atau sisa kuota  4.094 orang.

“Kami bersama Tim Seleksi Beasiswa Kaltim Cemerlang memberikan waktu untuk verifikasi tahap akhir hingga Desember tahun ini. Harapan, target atau kuota 50.274 orang terpenuhi, sehingga lanjut periode tahun berikutnya,” ujar Musyahrim.

Dalam kesempatan tersebut Gubernur Awang Faroek Ishak berkesempatan menyerahkan secara simbolis Beasiswa Kaltim Cemerlang tahap I kepada 18 penerima baik siswa SD, pelajar dan mahasiswa.

Juga diserahkan Sertifikat Lomba Keterampilan Siswa (LKS) pemenang tingkat Nasional tahun 2014. Rencananya pemenang tahun ini akan diuji dengan pemenang LKS 2013 dan pemenangnya akan mengikuti kompetisi Internasional di Brazil.

Termasuk penyerahan kembali mahasiswa penerima beasiswa perguruan tinggi dari Universitas Mulawarman berjumlah 4.246 orang, Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STSIN) Samarinda 291 orang serta Unit Pelaksana Belajar Jarak jauh  Universitas Terbuka (UT)  bagi 911 orang.(Humas Prov Kaltim/yans).

 

Pewarta:

Editor : Rahmad


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2014