Samarinda (ANTARA Kaltim) -  Tingkat konsumsi daging masyarakat Kaltim mencapai 17,5 kilogram per kepala per tahun, lebih tinggi dari angka rata-rata nasional 5,69 kg.

"Untuk konsumsi susu warga Kaltim sebanyak 5,02 kg per kapita dan telur 6,38 kg, sedangkan untuk nasional, konsumsi susu baru 2,85 kg per tahun dan telur 6,38 kg," ujar Kepala Dinas Peternakan Kaltim Dadang Sudarya di Samarinda, Senin.

Hal itu dikatakan Dadang saat membuka Sosialisasi Publik Awarenes Pangan Asuh (aman, sehat, utuh, dan halal) dan Festival Masakan Daging di kantor Dinas Peternakan yang diikuti 16 lembaga pemerintah dan swasta.

Dikatakannya, jika dikaitkan dengan asupan dan kebutuhan pangan yang bergizi, maka komoditas peternakan seperti daging, susu, dan telur mampu menjadikan masyarakat sehat, kuat, dan cerdas sehingga akan menjadi pribadi yang berkualitas.

Protein hewani dari daging, telur, dan susu mengandung vitamin, mineral, dan asam amino esensial yang tidak dapat diciptakan sendiri oleh tubuh manusia. Semua gizi dalam kandungan pangan tersebut membuat sel-sel organ tubuh dengan baik.

Protein hewani itu juga mampu membentuk otak manusia dan sel-sel darah merah lebih kuat, sehingga tidak mudah pecah. Dari proses ini kemudian mampu membuat otak manusia cerdas dan meningkatkan produktivitas maupun prestasi.

Daging adalah sumber protein hewani yang bermutu tinggi sehingga perlu dikonsumsi anak-anak. Asam amino yang tersusun sangat lengkap dan seimbang, juga kaya akan vitamin dan mineral yang diperlukan oleh tubuh.

Menurutnya, kandungan daging tidak jauh berbeda dengan susu dan telur. Selain lezat dan mudah dicerna, telur mampu memenuhi kebutuhan gizi yang diperlukan bagi tubuh.

Telur merupakan komoditas ternak yang cocok dikonsumsi semua golongan dan semua umur, mulai bayi hingga manusia usia lanjut, di samping dapat diolah menjadi anek lauk pauk yang lezat.

Karena itu dia mengajak kepada semua warga Kaltim agar rajin mengkonsumsi daging dan telur.

Kepada orang tua, dia berpesan agar anak-anak mereka juga harus dibiasakan mengkonsumsi daging, telur, dan susu. (*)

Pewarta: M.Ghofar

Editor : Rahmad


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2014