Samarinda (ANTARA Kaltim) – Dalam rangka memeriahkan Festival Mahakam  2014 yang digelar Dinas Kebudayaan, Pariwisata dan Kominfo kota Samarinda , diadakan  lomba renang menyeberangi  sungai Mahakam.

“Kegiatan Festival Mahakam menjadi agenda tahunan Disbudpar dan Kominfo Kota Samarinda.  Salah satu lomba yang selalu mendapatkan perhatian masyarakat adalah lomba  berenang menyeberangi Sungai Mahakam,” kata  Kepala Disbudpar dan Kominfo Kota Samarinda ,  HM Faisal  S.Sos, MSi di Samarinda,  Senin 22/9.

Ia mengatakan lomba berenang tersebut  sengaja dijadwalkan  pada Minggu  pagi 2 Nopember 2014, agar seluruh masyarakat samarinda  dan  sekitarnya dapat menyaksikan hiburan  rakyat yang dapat mempromosikan Sungai Mahakam   sebagai salah satu  objek wisata air.

Menurutnya  Festival Mahakam digelar setiap tahun dan menjadi agenda tahunan Dinas Pariwisata  Kota Samarinda. Setiap kegiatan selalu dilakukan evaluasi untuk meningkatkan  kualitas kegiatan serta diharapkan  nantinya akan menjadi event nasional.

Dikemukakannya khusus untuk lomba renang di Sungai Mahakam   yang lebarnya mencapai  500 meter maka panitia  mewajibkan  bagi seluruh peserta untuk cek kesehatan sebelum  mengikuti lomba . Diwajibkan  menggunakan baju rompi renang atau swim vest dan semua peserta di asuransikan.

Selain itu panitia juga telah melakukan koordinasi ke beberapa pihak  terkait  di antaranya Kesatuan Pelaksanaan Pengamanan Pelabuhan (KP3),  Adpel, Dinas Perhubungan serta ,Badan penanggulangan Bencana Daerah ( BPBD).

“Berbagai pihak terkait telah menyatakan kesiapannya untuk membantu meminjamkan Jaket Pelampung atau swim vest, speed boat patroli, dan perlengkapan lain untuk keperluaan lomba renang,” katanya.

Faisal menjelaskan  pada saat lomba digelar maka perairan Sungai Mahakam ditutup , maka tidak ada kapal atau alat transfortasi sungai lainnya yang boleh melintas  hal itu untuk  sukses dan lancarnya kegiatan .

“Alur sungai mahakam akan ditutup  mulai pukul  enam  pagi  hingga pukul dua  siang ,” katanya.

Lanjut  Faisal  pada pelaksanaan lomba , pihak  panitia telah membagi dua kategori yaitu  untuk  kelompok  junior dan senior  masing-masing  putra dan putri.  Bagi pemenang lomba  akan mendapatkan  trophy khusus dan piagam penghargaan sebagai  bentuk apresiasi . Adapun total hadiah  yang disediakan mencapai Rp20 jutaan. (*)


Pewarta: Rachmad

Editor : Rahmad


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2014