Samarinda (ANTARA Kaltim) -  Provinsi Kalimantan Timur juga berminat menjadi bagian dari tuan rumah Asean Games 2018 di Indonesia, selain dua provinsi yang menjadi rujukan KONI Pusat yakni Sumatera Selatan dan DKI Jakarta.

Usulan tersebut sempat diutarakan Gubernur Kaltim Awang Faroek Ishak agar Kaltim bisa menjadi tuan rumah Asian Games 2018, khususnya untuk empat cabang olahraga yakni Menembak, Tenis lapangan, Squash dan Sepak bola.

Ketua Umum KONI Kaltim Zuhdi Yahya di Samarinda, Minggu, mengatakan KONI Kaltim telah menyampaikan usulan Gubernur Kaltim tersebut kepada Ketua Umum KONI Pusat Tono Suratman di Jakarta.

Dikatakan Zuhdi, usulan Gubernur Awang Faroek agar Kaltim dapat menggelar sebagian cabang olahraga (cabor) di Asian Games 2018. Gubernur menginginkan selain Sumatera Selatan dan DKI Jakarta, Kaltim juga dapat menggelar pertandingan cabor menembak, tenis lapangan dan squash di Balikpapan serta sepak bola di Samarinda.

"Tanggapan KONI Pusat cukup positif, bahkan Ketua KONI Pusat Tono Suratman menyambut baik usulan Kaltim dan akan membahasnya di tingkat pusat," kata Zuhdi.

Zuhdi membeberkan keunggulan fasilitas yang dimiliki Kaltim, yang tidak kalah dengan kedua provinsi tersebut.

Dikatakannya, tempat menembak di Manggar, Balikpapan, sudah berstandar internasional. Begitu pula tenis lapangan dan squash. Balikpapan juga ditunjang bandara internasional dan hotel bintang lima.

"Kalau untuk akomodasi dan transportasi, di Balikpapan sudah sangat memenuhi kelayakannya. Jadi tidak ada masalah," papar Zuhdi.

Setelah pertemuan itu, Zuhdi mengatakan surat resmi dari Pemprov, DPRD serta KONI Kaltim segera dikirimkan.

Sebelumnya, Gubernur Awang Faroek sudah mengutarakan niatnya kepada Gubernur Sumsel Alex Noerdin, agar Kaltim dapat melaksanakan 4 cabor di Asian Games.

"Saya sudah bicara dengan Pak Alex Noerdin dan beliau mendukung," papar Gubernur.

Menurut Gubernur, tidak semua cabang olahraga harus dipertandingkan di kedua provinsi itu. Oleh karena itu, Gubernur meminta kepada KONI Kaltim untuk membuat surat yang ditujukan ke KONI Pusat mengenai usulan tersebut. (*)

Pewarta: Arumanto

Editor : Rahmad


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2014