Samarinda (ANTARA Kaltim( - Pemprov Kalimantan Timur melalui instansi terkait sedang mendistribusikan sebanyak 400 ekor sapi bibit kepada kelompok ternak di dua kabupaten, yakni Berau dan Kutai Timur yang telah terdaftar sebagai penerima bantuan program Pengembangan Perbibitan Ternak Sapi.

"Kabupaten Berau menerima 200 ekor yang terdiri 20 jantan dan 180 betina, sedangkan Kutai Timur menerima 200 ekor, sebanyak 25 ekor sapi jantan dan 175 betina," ujar Kabid Budidaya dan Perbibitan Dinas Peternakan Kalimantan Timur (Kaltim) I Gusti Made Jaya Adhi di Samarinda, Sabtu.

Sebagian kelompok ternak yang ada di dua kabupaten tersebut sudah menerima bantuan, sedangkan sebagian kelompok lainnya belum menerima karena sapi bibit yang dibeli masih dalam proses pengadaan dari provinsi lain, tetapi diyakini dalam waktu dekat semua akan menerima bantuan tersebut.

Menurut dia, program bantuan sapi bibit diberikan dengan tujuan untuk mempercepat populasi sapi di Kaltim, yakni melalui bibit yang ada, maka peternak akan mengembangbiakan melalui perkawinan, baik kawin alami maupun melalui inseminasi buatan (kawin suntik).

Percepatan penambahan populasi sapi dimaksudkan untuk mendukung program Kaltim dalam memenuhi 2 juta ekor sapi pada 2018, karena daerah ini telah memiliki Racangan Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RJMD) 2013-2018 bidang peternakan untuk mewujudkan 2 juta ekor sapi.

Sedangkan kelompok ternak yang menerima bantuan sapi bibit itu antara lain, di Kabupaten Berau atas nama Kelompok Ternak Sinar Jaya Kampung Puma Sari, Talisayan, menerima 40 ekor, Kelompok Ternak Jaya Makmur Kampung Sukan Tengah, Sambaliung menerima 20 ekor.

Kemudian Kelompok Ternak Berkah, Kampung Sukan Tengah juga menerima 20 ekor, Kelompok Ternak Maju Bersama, Biatan Bapinang, Biatan, menerima 20 ekor, Kelompok Ternak Maju Bersama II, Biatan, juga menerima 20 ekor, Kelompok Ternak Berkah, Kampung Gunung Sari, Segah, menerima 20 ekor.

Untuk Kabupaten Kutai Timur, antara lain Kelompok Ternak Karya Bersama, Desa Mukti Jaya, Rantau Pulung, menerima 50 ekor, Kelompok Ternak Karya, Sumber Agung, Kecamatan Long Masengat menerima 50 ekor. (*)

Pewarta: M.Ghofar

Editor : Rahmad


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2014