Sebanyak  2.556 anggota satuan perlindungan masyarakat (Satlinmas) di Kabupaten Paser dikukuhkan oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Paser  Katsul Wijaya di Gedung Olah Raga (GOR) Desa Tapis,  untuk membantu pengamanan pemilihan kepala daerah (Pilkada) .

“Pengukuhan ini sebagai bentuk dukungan dari peran personil satlinmas dalam pengamanan pilkada,” kata Katsul di Tanah Grogot, Senin (2/9).

Dikemukakannya bahwa satlinmas memiliki peran membantu aparat pemerintah dalam pengamanan penyelenggaraan pilkada di Tempat Pemungutan Suara (TPS).

Pada saat di lapangan satlinmas membantu TNI/Polri menjaga keamanan dan ketertiban lokasi  di TPS,.

Kepala Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kabupaten Paser, M. Guntur, mengatakan sebelum terjun ke lapangan, para anggota satlinmas yang telah dikukuhkan ini  akan diberikan pembinaan dan pelatihan.

“Harapan kami dengan adanya pelatihan dapat meningkatkan kapasitas dan kemampuan dalam hal pengamanan wilayah dan pengamanan pilkada,” katanya.

Guntur berharap satlinmas nantinya dapat mendukung pelaksanaan pilkada serta menyukseskan pesta demokrasi tersebut berjalan lancar, aman, dan kondusif.

“Seperti kita  ketahui tugas satlinmas tidak hanya saat pilkada tetapi juga saat pemilihan kepala desa,  pemilihan umum dan  pemilihan presiden  serta membantu upaya pertahanan negara,” katanya.

 

Pewarta: R. Wartono

Editor : Rahmad


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2024