Samarinda (ANTARA Kaltim) -  Melalui Rapat Paripurna DPRD Kaltim yang berlangsung di lantai 6 Gedung DPRD Kaltim, akhirnya terbentuk sembilan Fraksi DPRD Kaltim dari 10 partai politik. Jumlah fraksi pada periode 2014-2019 ini mengalami penambahan 1 fraksi dibanding periode sebelumnya.

“Jumlah fraksi di dewan tahun ini bertambah satu fraksi menjadi sembilan fraksi dibandingkan periode 2009-2014 sebanyak delapan fraksi," kata Ketua DPRD Kaltim Sementara, H Syahrun HS, Rabu (17/9).

Politikus Partai Golkar ini menguraikan Delapan partai di DPRD Kaltim bisa membentuk fraksi sendiri karena memiliki empat hingga dua belas kursi. Sementara dua partai lain yang masing-masing memiliki tiga kursi harus bergabung untuk membentuk fraksi.

"Delapan partai yang bisa membentuk fraksi sendiri yakni Partai Golkar yang memiliki dua belas kursi, PDIP memilki tujuh kursi, Partai Gerindra  memiliki enam kursi, Partai Demokrat memiliki lima kursi, PKB memiliki lima kursi, PAN memiliki lima kursi, Hanura memiliki lima kursi dan  PKS mendapatkan empat kursi. Kemudian Partai Nasdem dan PPP yang masing-masing memiliki tiga kursi bergabung membentuk fraksi," urai Syahrun.

Adapun susunan struktur pimpinan fraksi  yang menjabat sebagai Ketua, Wakil Ketua dan Sekretaris dari 10 partai yang terbentuk menjadi sembilan fraksi antara lain,

Fraksi Golkar dengan Ketua Fraksi Andi Harun, Wakil Ketua Sarkowi V Zahry dan Sekretaris Irwan Faisyal HP, Kemudian Fraksi PDIP diketuai oleh Veridiana Huraq, Wakil Ketua Hermanto Kewot dan Sekretaris Edy Kurniawan, selanjutnya Fraksi Gerindra diketuai Suterisno Thoha, Wakil Ketua Agus Suwandi dan Sekretaris Josep.

Fraksi Demokrat diketuai Ichruni Lufti Sarasakti, Wakil Ketua Yahya Anja dan Sekretaris Wibowo Handoko,  kemudian Fraksi PKB diketuai Syafruddin, Wakil Ketua Jahidin dan Sekretaris Selamat Ari Wibowo.

Selanjutnya Fraksi PAN diketuai Zain Taufik Nurrohman dan Sekretaris Muspandi, Kemudian Fraksi  Hanura diketuai Herwan Susanto dan Sekretaris Artya Fathra Marthin,  serta Fraksi PKS diketuai Masykur Sarmian dan Sekretaris Muharram, sedangkan Fraksi  PPP - Nasdem diketuai Gamalis, Wakil Ketua Saefuddin Zuhry dan Sekretaris Hermanus. (Humas DPRD Kaltim/lin/dhi)


 

Pewarta:

Editor : Rahmad


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2014