Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar), Kalimantan Timur bekerja sama dengan PT Pertamina Hulu Mahakam (PHM) menyalurkan beasiswa untuk 150 mahasiswa melalui program tanggung jawab sosial perusahaan atau corporate social responsibility (CSR).
 
"Kami beri apresiasi untuk PHM atas beasiswa berupa bantuan pendidikan bagi 105 putra/putri daerah, ditambah bantuan Apresiasi Sarjana Pesisir untuk 45 putra/putri daerah di tahun ajaran 2024 ini, sehingga total ada 150 penerima," ujar Sekda Kukar Sunggono di Tenggarong, Rabu.
 
Ia berharap semoga penyaluran beasiswa ini menjadi program prioritas perusahaan yang diiringi dengan inovasi, termasuk sejumlah program pendukung dalam memaksimalkan manfaat CSR perusahaan, khususnya di bidang pendidikan.
 
Ia menyatakan bahwa Pemkab Kukar berkomitmen memberi ruang kepada Forum Tanggung Jawab Sosial Perusahaan (TJSP) untuk berkontribusi dalam memanfaatkan CSR, tidak hanya program beasiswa tetapi juga program lain yang sinergi dengan perencanaan pembangunan daerah.
 
“Implementasi tanggung jawab sosial perusahaan memiliki manfaat publik dan berdampak secara luas bagi masyarakat. Adanya pendanaan CSR berupa program beasiswa dari perusahaan, maka hal ini turut membantu pemerintah daerah dalam menguatkan pondasi dan menyiapkan generasi emas," katanya.
 
Ia juga mengatakan, Pemkab Kukar sejak 2020 telah menyediakan beasiswa bagi putra/putri daerah, antara lain untuk mereka yang berprestasi, miskin, yatim, dan yatim piatu, melalui kerja sama dengan 15 perguruan tinggi negeri/swasta dan dua sekolah menengah kejuruan.
 
"Beasiswa pendidikan lain dalam Program Dedikasi Kukar Idaman adalah Program 1.000 Guru Sarjana, Program Kukar Siap Kerja, dan program lain yang bisa menjadi acuan perusahaan dalam memanfaatkan program CSR," kata Sunggono.
 
Sementara Head of Communication Relation PT PHM Frans Alexander A Hukom mengatakan, beasiswa sarjana untuk kawasan pesisir dan bantuan pendidikan ini merupakan program yang setiap tahun dilaksanakan oleh PHM.
 
"Program ini merupakan bagian dari program 5 Pilar yang dilakukan oleh PHM, di antaranya program sosial ekonomi, pendidikan, infrastruktur, kesehatan dan lingkungan," kata Frans saat menyerahkan beasiswa tersebut di Samarinda, dua hari lalu.
 
Bahkan untuk tahun ini, lanjutnya, PHM melakukan pendampingan bagi mahasiswa di daerah pesisir, termasuk pendampingan intensif terhadap siswa kelas 3 SMA di Kecamatan Anggana.

Pewarta: M.Ghofar

Editor : Rahmad


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2024