Momen hari ulang tahun (HUT) Republik Indonesia yang ke-79, pangkalan TNI angkatan laut (Lanal) Sangatta, mengkoordinir masyarakat untuk membentangkan bendera merah putih sepanjang 79 meter di Pantai Teluk Lingga, Sangatta, Kabupaten Kutai Timur.

“Kami bersama para pecinta alam, terumbu karang dan mangrove yang ada di Sangatta. Membentangkan bendera sepanjang 79 meter memiliki makna 79 tahun kemerdekaan Indonesia,” kata Komandan Lanal Sangatta Letkol Laut (P) Rudi Iskandar, di Sangatta, Sabtu.

Ia menjelaskan usai melakukan upacara Kemerdekaan Republik Indonesia di halaman Kantor Bupati Kutim, Lanal Sangatta mengadakan upacara tersendiri di Pantai Teluk Lingga dengan melibatkan Komunitas Alien Mangrove & Fish Sanctuary serta ratusan orang dari berbagai instansi, komunitas, pelajar, KTNA hingga masyarakat.

“Dilaksanakan di Pantai Teluk Lingga untuk mengekspose kepada masyarakat sekitar, karena Pantai Teluk Lingga potensi sekali menjadi wisata yang menarik,” tuturnya.

Rudi Iskandar menuturkan pembentangan bendera sepanjang 79 meter telah dipersiapkan sejak 5 Agustus dan masyarakat sekitar sangat antusias mengikuti kegiatan ini.

Bukan hanya mengibarkan bendera di bibir Pantai Teluk Lingga. Lanal Sangatta mengajak masyarakat melakukan pelestarian lingkungan laut dengan menanam mangrove dan transpalansi terumbu karang.

“Diharapkan ekosistem bawah laut menjadi lebih baik, dan akan banyak ikan di sekitar terumbu karang, sehingga nelayan lebih mudah mencari ikan,” kata Rudi
 

Pewarta: Muhammad Hafif Nikolas

Editor : Rahmad


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2024