Penjabat Gubernur Provinsi Kalimantan Timur Akmal Malik mengukuhkan pasukan pengibar bendera pusaka (Paskibraka) Provinsi Kalimantan Timur tahun 2024 untuk upacara HUT Ke-79 Kemerdekaan Republik Indonesia, di Pendopo Odah Etam Komplek Kantor Gubernur Kaltim, Kamis malam.

Pengukuhan sebanyak 40 orang paskibraka tersebut disaksikan oleh Forkopimda Kaltim, Sekretaris Daerah Provinsi Kaltim Sri Wahyuni, asisten dan pimpinan perangkat daerah lingkup Pemprov Kaltim, serta orang tua dari 40 orang anggota Paskibraka.

“Alhamdulillah semua prosesi tadi berjalan dengan baik. Alhamdulillah anak-anak dalam kondisi sehat. Mudah-mudahan nanti tanggal 17 (Agustus 2024) mereka menjaga kesehatannya dengan baik," kata Akmal Malik kepada awak media seusai acara pengukuhan.

Akmal mengingatkan kepada anggota paskibraka untuk menjaga kesehatan dan performa hingga pelaksanaan HUT RI.

"Tugas ini bukan tugas yang mudah, memang kelihatannya mudah baris berbaris, tapi tekanannya itu luar biasa beratnya karena menaikkan bendera pusaka Republik Indonesia,” ungkap Akmal Malik.

Pada tahun 2024, ujar Akmal, ada momentum yang bagus karena pada saat yang bersamaan juga akan dikibarkan bendera pusaka nanti di Ibu Kota Nusantara (IKN).

“Kita sebagai daerah terdekat tentunya berharap ga kalahlah dari IKN nanti, bukan berkompetisi. Artinya keberadaan paskibraka provinsi, itu juga menjadi kebanggaan bahwasanya Kalimantan Timur bisa menyelenggarakan even pengibaran bendera sehebat juga seperti dilaksanakan Ibu Kota Nusantara nanti,” ujarnya.

Untuk itu, Akmal Malik sangati berharap dan meminta kepada paskibraka Provinsi Kaltim untuk dapat menjaga kesehatan dan performa.

“Jangan banyak pikiran, makan makanan yang sehat dan bergizi, sehingga ketika melaksanakan tugas nanti bisa berjalan dengan baik,” pungkas Akmal.

Upacara peringatan HUT Ke-79 Kemerdekaan RI tingkat Provinsi Kalimantan Timur akan diselenggarakan di Stadion Utama Palaran Kaltim, Samarinda, pada Sabtu, 17 Agustus 2024, tepat pukul 09.00 Wita, dengan Inspektur Upacara adalah Sekda Provinsi Kaltim.

Sementara Upacara Peringatan HUT ke-79 Kemerdekaan RI di IKN akan dilaksanakan pada pukul 11.00 Wita, yang juga akan dihadiri Penjabat Gubernur Kaltim, Pangdam VI Mulawarman, Kapolda Kaltim, Ketua DPRD Kaltim dan Forkopimda Kaltim yang diundang Pemerintah Pusat bersama dengan tokoh masyarakat Kaltim untuk mengikuti upacara peringatan detik-detik Proklamasi Kemerdekaan RI yang untuk pertama kalinya digelar di Ibu Kota Nusantara, Benua Etam Kalimantan Timur.
 

Pewarta: Arumanto

Editor : Rahmad


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2024