Samarinda (ANTARA Kaltim) - `Gubernur Kalimantan Timur (Kaltim) Awang Faroek Ishak menginstruksikan agar seluruh Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) di lingkungan Pemprov Kaltim agar dapat menyampaikan informasi secara transparan.

Hal tersebut disampaikan saat mengikuti pameran pembangunan dan Kaltim Expo ke-6 yang dilaksanakan sejak 22-26 Agustus 2014 di Lapangan Parkir Kompleks Stadion Madya Sempaja Samarinda.

Pameran ini hendaknya bisa dimanfaatkan sebagai media pertanggungjawaban pemerintah kepada masyarakat, untuk menginformasikan program apa saja yang sudah dilaksanakan, katanya.

"Saya tidak senang, jika SKPD hanya memajang angka total, tanpa rincian. Harus dirinci satu persatu. Saya sangat senang jika ada SKPD yang melaporkan informasi secara rinci. Kita harus transparan kepada masyarakat, salah satunya melalui pameran ini," kata Awang Faroek Ishak saat membuka Pameran Pembangunan dan Expo ke-6 2014 di Stadion Madya Sempaja Samarinda, Jumat.

Melalui kegiatan tersebut informasi tentang data-data proyek pembangunan yang menggunakan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) maupun Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) harus disampaikan secara transparan kepada masyarakat. Termasuk data-data proyek pembangunan harus disampaikan secara jelas, katanya.

"Semua data proyek pembangunan bukan lagi merupakan rahasia umum masing-masing SKPD. Apalagi, Kaltim telah mendapatkan prestasi tentang keterbukaan informasi publik, peringkat pertama se-Indonesia. Jadi saya minta agar informasi proyek pembangunan disampaikan secara rinci kepada masyarakat di pameran ini," kata Awang.

Gubernur menegaskan siap menilai dan akan mengirim tim untuk menilai SKPD yang menyampaikan informasi dengan jelas secara transparan di pameran tersebut. Sehingga, melalui pameran tersebut menjadi momentum pertanggungjawaban pemerintah daerah kepada masyarakat.

Sementara itu, Kepala Badan Perijinan dan Penanaman Modal Daerah (BPPMD) Kaltim Diddy Rusdiansyah mengatakan tahun ini pameran pembangunan dan Expo Kaltim diikuti 202 stand pameran dan expo.

Jumlah tersebut lebih banyak dari jumlah tahun lalu yang hanya 170 stand. Kegiatan tersebut merupakan rangkaian dari peringatan HUT Kemerdekaan RI ke-69 di Kaltim dan setiap tahun dilaksanakan.

"Semua stand terisi penuh. Peserta diikuti seluruh SKPD di lingkungan Pemprov Kaltim, instansi vertikal dan sejumlah perusahaan daerah di Kaltim, perbankan, UMKM serta Pemerintah Kabupaten/Kota se-Kaltim. Dari 202 stand 65 stand diisi para pelaku UMKM di Kaltim," kata Diddy.(*)

Pewarta: Susylo Asmalyah

Editor : Rahmad


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2014