Samarinda (ANTARA Kaltim) - Lima Provinsi mendatangkan lebih awal kontingennya untuk berlaga di Kejuaraan Nasional (Kejurnas) Anggar 2014 dan babak pra-kualifikasi PON Remaja 2014 di Gedung Anggar, Taguh, Samarinda, pada 21-30 Agustus 2014.

"Kontingen dari lima daerah diantaranya Maluku, DKI Jakarta, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tengah dan Sumatera Selatan, besok (19/8) sudah tiba di Samarinda," kata Ketua panitia Kejurnas, Muslimin di Samarinda, Senin.

Dia mengatakan, kedatangan kontingen lebih awal dari pelaksanaan kejurnas, tentunya sebagai bagian taktik dan strategi daerah masing-masing untuk mewujudkan prestasi terbaiknya.

"Mereka telah melapor kepada panitia, termasuk untuk koordinasi tempat latihan, sebagai proses adaptasi para atletnya untuk bersaing di kejurnas," ujarnya.

Menurut Muslimin, total ada 28 Provinsi yang telah memastikan akan mengikuti kejurnas dan sekaligus babak pra-kualifikasi PON Remaja 2014 tersebut.

Sementara peserta dari daerah lain, baru akan mendatangkan timnya rata-rata sehari sebelum pelaksanaan Kejurnas, yakni pada saat pembukaan kejurnas pada Kamis, 20 Agustus mendatang.

"Dari data yang terdaftar di PB IKASI, sementara ini sudah ada 800 atlet yang akan berpartisipasi mengikuti kejurnas di Samarinda ini," ujar Muslimin.

Kejurnas Anggar 2014 dan babak pra-kualifikasi PON Remaja 2014 akan memperebutkan beragam piala diantaranya Piala Menegpora, Piala Ketua Umum KONI Pusat, Piala Ketua PB IKASI dan Piala dari KONI Kaltim.

"Kejurnas memperebutkan 42 medali emas, dari lima kelas yang dipertandingkan yakni pra-kadet, kadet, junior, senior dan kualifikasi PON Remaja," katanya.

Kesiapan dari kepanitiaan sendiri dijelaskan Muslimin sudah mencapai tahapan 90 persen, untuk dua agenda yakni kejurnas dan babak kualifikasi PON Remaja, dan sekaligus peresmian gedung anggar dan palantikan pengurus provinsi IKASI Kaltim Periode 2014-2019.

"Para panitia tengah memfinalisasikan persiapan terakhirnya, termasuk acara gladi bersih pembukaan kejurnas yang sekaligus dirangkaikan dengan acara pelantikan pengurus Pengprov pada Rabu (20/8)," ucapnya.  (*)

Pewarta: Arumanto

Editor : Amirullah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2014