Samarinda (ANTARA Kaltim) - Gedung baru Anggar Kalimantan Timur di kompleks Folder Air Hitam, Samarinda, akan diresmikan Ketua Umum KONI Pusat, Mayjen (Purn) Tono Suratman pada pembukaan kejurnas Anggar dan babak kualifikasi PON Remaja, 20 Agustus 2014.

Ketua Umum Pengprov IKASI Kaltim, Muslimin di Samarinda, Selasa, mengatakan, Gedung yang dinamakan Gedung "Taguh" tersebut memang sudah beroperasi sebagai sarana latihan atlet dalam beberapa bulan ini, namun pada saat kesempatan kejurnas gedung yang terealisasi dari bantuan dana APBD Kaltim dan APBD kota Samarinda tersebut baru akan diresmikan.

"Untuk pertama kalinya gedung ini akan kita gunakan dalam kejuaraan resmi bertaraf nasional, makanya pada saat pelaksanaan kejurnas sekaligus gedung ini kita resmikan," jelas Muslimin.

Penamaan "Gedung Taguh", dijelaskan Muslimin sebagai bentuk penghargaan kepada tokoh Kaltim Almarhum Herlan Agus Salim, yang dianggap punya jasa besar terhadap realisasi gedung tersebut dan juga perkembangan olahraga anggar di Kalimantan.

Almarhum Herlan Agus Salim merupakan mantan ketua DPRD Kaltim dan sempat menjabat sebagai ketua umum PB IKASI selama dua periode.

"Filosofi taguh juga mengartikan pemaknaan yang positif yang berarti tangguh atau tidak gentar dengan siapapun lawan yang akan dihadapi, dan filosofi tersebut selalu didengungkan Almarhum (Herlan Agus Salim) dalam setiap kesempatan," ujarnya.

Gedung Anggar Kalimantan Timur berada di areal komplek Folder Air Hitam, Samarinda dan di sampingnya juga sudah terbangun dua sarana olahraga lainnya yakni gedung pencak silat dan gedung taekwondo.

Realisasi gedung yang direncanakan mulai tahun 2012 ini baru terwujudkan pada awal tahun 2014, dan sudah digunakan untuk latihan atlet anggar Kalimantan Timur dan proses seleksi tim PON Kaltim 2016.

Menurut Muslimin, terwujudkan gedung latihan yang cukup representatif tersebut jelas mendukung program pembinaan dan pengembangan olahraga anggar di Kalimantan Timur.

Kedepan Muslimin berharap bisa mendatangkan pelatih berkualitas baik lokal maupun asing, yang bisa menggembleng atlet anggar Kalimantan Timur menuju prestasi yang lebih membanggakan.

"Target jangka pendek kami, semoga pada kesempatan PON 2016 bisa meraih medali emas, dan mudah-mudahan bisa tercapai," ucapnya. (*)

Pewarta: Arumanto

Editor : Amirullah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2014