Skotlandia menjaga asa lolos ke babak selanjutnya seusai ditahan imbang Swiss dengan skor 1-1 pada pertandingan Grup A Euro 2024 di Stadion RheinEnergie, Cologne, Kamis dini hari WIB.

Pada pertandingan ini Skotlandia mampu unggul terlebih dahulu melalui gol Scott McTominay, namun Swiss dapat menyamakan kedudukan lewat Xherdan Shaqiri, demikian catatan UEFA.

Hasil ini membuat Skotlandia naik ke peringkat ketiga klasemen sementara Grup A dengan satu poin dari dua laga, sedangkan Swiss tetap menempati posisi kedua dengan empat poin.

Pada babak pertama, Swiss lebih rajin dalam menekan lini pertahanan Skotlandia, akan tetapi belum ada peluang matang yang mereka ciptakan.

Di sisi lain, Skotlandia mampu mencuri keunggulan terlebih dahulu lewat skema serangan balik lalu Scott McTominay melepaskan tendangan yang masuk ke gawang Swiss pada menit ke-13 sehingga skor berubah menjadi 1-0.


Tertinggal satu gol membuat Swiss mau tak mau harus lebih bermain keluar menyerang, dan mereka mendapatkan peluang lewat tendangan Ruben Vargas yang masih dapat dihalau lini pertahanan Skotlandia.

Swiss akhirnya mampu menyamakan kedudukan pada menit 26 lewat gol yang dicetak oleh Xherdan Shaqiri memanfaatkan kesalahan lini pertahanan Skotlandia sehingga skor kembali sama kuat 1-1.

Skuad asuhan Murat Yakin sempat berbalik unggul melalui gol yang dicetak oleh Dan Ndoye, namun gol tersebut dianulir karena pemain tersebut lebih dulu berada dalam posisi offside.

Skotlandia berbalik memberikan ancaman lewat tendangan Che Adams, akan tetapi upayanya tersebut masih dapat diamankan kiper Swiss Yann Sommer.

Kedua negara terus berupaya untuk mencari gol pada sisa waktu babak pertama, namun skor sama kuat 1-1 tetap bertahan hingga turun minum.

Memasuki babak kedua, Swiss mengambil inisiatif menyerang terlebih dahulu dan menciptakan peluang lewat tendangan Vargas yang dapat diamankan kiper Skotlandia Angus Gunn.


Swiss kembali menciptakan peluang, kali ini lewat tendangan Dan Ndoye yang masih menyamping tipis dari gawang Skotlandia.


  Skotlandia berbalik memberikan ancaman melalui sundulan Grant Hanley setelah menerima umpan tendangan bebas Andy Robertson, namun bola masih mengenai tiang gawang.
 
Jual beli serangan dari kedua negara terus terjadi, Swiss sempat kembali membobol gawang Skotlandia lewat Breel Embolo, namun dianulir oleh wasit karena offside.

Pada sisa waktu pertandingan, kedua negara tetap bermain terbuka dan saling melancarkan serangan, namun hingga peluit panjang dibunyikan skor 1-1 tetap bertahan.
 
Selanjutnya Skotlandia akan berhadapan dengan Hongaria pada pertandingan pamungkas Grup A, Senin(24/6) dan skuad asuhan Steve Clarke perlu mengamankan kemenangan untuk menjaga asa bisa lolos ke babak selanjutnya.
 
Di sisi lain, Swiss hanya perlu mengamankan hasil imbang untuk melaju ke babak selanjutnya ketika menghadapi Jerman, Senin (24/6) mendatang.
 

 

Pewarta: Aldi Sultan

Editor : Rahmad


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2024