Nunukan (ANTARA Kaltim) -  Jumlah penumpang antar kecamatan di Kabupaten Nunukan, Kalimantan Utara mengalami peningkatan selama bulan suci Ramadhan 1435 Hijriyah.

Ifdal, penjual tiket speedboat di Pasar Yamaker Kabupaten Nunukan, Selasa mengungkapkan, selama bulan suci Ramadhan 1435 Hijriyah jumlah penumpang tujuan sejumlah kecamatan di daerah itu meningkat signifikan.

Ia mengatakan, sebelum bulan suci Ramadhan 1435 Hijriyah biasanya speed boat tujuan Kecamatan Sebuku dan Seimenggaris yang berbeda pulau dengan ibukota kabupaten hanya sekali jalan setiap hari.

Namun akhir-akhir ini, speedboat tujuan kedua kecamatan itu terus meningkat hingga dua kali jalan, kata dia.

"Selama bulan puasa ini, speedboat jalan dua kali setiap hari dibandingkan pada hari-hari biasa hanya sekali jalan setiap hari," ucap Ifdal satu-satunya penjual tiket speedboat yang melayani penumpang tujuan Kecamatan Sebuku, Seimenggaris dan Sebakis.

Peningkatan jumlah penumpang tersebut terjadi yang berangkat mapun yang datang dari tiga daerah tersebut hingga memasuki pertengahan bulan suci Ramadhan 1435 Hijriyah ini.

Ifdal memperkirakan, menjelang Hari Raya Idul Fitri 1435 Hijriyah jumlah penumpang yang berangkat maupun yang datang akan semakin meningkat karena sehubungan dengan pada ketiga daerah ini sebagian besar karyawan di sejumlah perusahaan kelapa sawit ataupun pertambangan.

Seiring dengan meningkatnya penumpang tersebut, kata dia, penghasilan juragan speedboat turut meningkat tiga kali lipat.

Ia menambahkan, selama terjadinya lonjakan penumpang speedboat tiket yang terjual mencapai ratusan lembar setiap hari. (*)

Pewarta: M.Rusman

Editor : Rahmad


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2014