Latihan Integrasi Taruna Wreda (Latsitarda) Nusantara XLIV tahun 2024 sekaligus mendukung Kalimantan Timur sebagai tuan rumah menuju provinsi unggul, sebagai mitra Ibu Kota Nusantara (IKN).
 
"Latsitarda diikuti 1.840 taruna dan taruni dari tujuh akademi yakni Akmil, AAL, AAU, Akpol, IPDN, Unhan, dan PSSN," ujar Komandan Jenderal Akademi TNI Letnan Jenderal TNI Rudianto dalam pembukaan Latsitarda Nusantara XLIV/2024 di Lapangan Merdeka Balikpapan, Kaltim, Senin. 

Latsitarda Nusantara ke-44 itu merupakan realisasi Kegiatan Integratif Taruna Akmil, AAL, AAU, dan Akpol tingkat akhir sebelum penyelesaian tugas pendidikan dan dilantik menjadi perwira oleh Presiden RI pada Juli 2024.

Rudianto mengatakan Latsitarda Nusantara ke-44 itu bertujuan memupuk dan memperkuat kemanunggalan TNI-Polri dengan masyarakat, serta menumbuhkan jiwa perjuangan dan cinta Tanah Air.
 
"Latihan integrasi itu juga menanamkan semangat integrasi seluruh peserta latihan dan mahasiswa guna membangun solidaritas TNI, Polri dan masyarakat, termasuk membantu pembangunan di Kaltim," ujarnya.

Baca juga: Pembukaan Latsitarda XLIV di Kaltim ditandai pemberian alat kerja
 
Kegiatan Latsitarda Nusantara ke-44 itu antara lain pelaksanaan kegiatan fisik perbaikan rumah ibadah, pos kamling, rumah tinggal, pembersihan saluran air dan sungai, perbaikan dan pengaspalan jalan, pembuatan Tugu Latsitarda dan desa digital.

Sementara, kegiatan nonfisik antara lain riset sosial, penyuluhan kesehatan dan narkoba, wisata sejarah dan pendidikan kesadaran bela negara, dan kampanye akademi ke sekolah-sekolah, dinas, dan sejumlah agenda lain. 
 
Rudianto menambahkan Latsitarda merupakan kegiatan rutin tahunan di provinsi yang berbeda dengan tujuan membantu pembangunan daerah, termasuk Kaltim sebagai mitra daerah IKN. 
 
Pembukaan Latsitarda dihadiri sejumlah pejabat dari Mabes TNI dan Polri, Pj Gubernur Kaltim Akmal Malik, Pangdam VI/Mlw Mayjen TNI Tri Budi Utomo, Danrem 091/ASN Brigjen TNI Anggara Sitompul, Kapolda Kaltim Irjen Pol Nanang Avianto, dan Wali Kota Balikpapan Rahmad Mas'ud.

Baca juga: Polda Kaltim libatkan lintas sektoral untuk pengamanan Latsitarda

Pewarta: M. Ghofar

Editor : Imam Santoso


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2024