Korps Lalulintas (Korlantas) Mabes Polri meninjau langsung kesiapan khususnya untuk lalulintas yang digunakan saat pelaksanaan upacara Hari Ulang Tahun (HUT) RI ke 79 di Ibu Kota Nusantara (IKN).

“Peringatan upacara Hari Kemerdekaan RI ke 79 akan dilaksanakan di IKN Provinsi Kaltim, kami dari Korlantas melihat langsung ke IKN, termasuk jalur yang akan digunakan untuk menuju ke IKN.  Mulai dari Balikpapan sampai ke IKN, tempat acara Istana Negara, termasuk lokasi parkir dan sebagainya, “ kata Kepala Korps Lalu Lintas (Kakorlantas) Mabes Polri, Irjen Pol Aan Suhanan, di Balikpapan, Jumat (3/5).

Dalam peninjauan tersebut  Aan Suhanan didampingi oleh Direktur Utama PT Jasa Raharja Rivan Achmad dan Dirlantas Polda Kaltim, Kombes Pol Rifki.
 
Dia mengemukakan, pihaknya juga telah mendapatkan paparan dari Dirlantas Polda Kaltim untuk persiapan pengamanan dan pengawalan, rute dan perparkiran yang disampaikan secara komprehensif.
 
“Ada beberapa catatan yang kami berikan, agar persiapan lebih siap lagi, sehingga dalam pelaksanaannya bisa lebih baik,” ucapnya.
 
Aan Suhanan menambahkan, dalam pengamanan perayaan HUT ke 79 RI di IKN nantinya, akan dilakukan dua model pengamanan VVIP yang akan dilakukan TNI dan VIP akan dilakukan Kepolisian. 
 
“Saat ini semua sudah dipersiapkan, mulai dari personel, kendaraan yang akan digunakan, kemudian teknologi yang akan mendukung operasional manajemen pelaksanaan operasi nanti, “ ujarnya.
 
Selain itu juga akan di BKO kan Paspampres untuk pengamanan VVIP dan untuk VIP dikelola oleh Kepolisian..
 
Pada Kesempatan itu Kakorlantas  Aan Suhanan menyerahkan secara simbolis kunci kendaraan listrik roda empat dan roda dua kepada Dirlantas Polda Kaltim, Kombes Pol Rifki.
 
“Kendaraan Listrik ini kita serahkan ke Ditlantas Polda Kaltim untuk mendukung pengamanan di IKN nantinya, karena di IKN mengusung konsep Green Energy, maka kendaraan listrik inilah yang akan digunakan,” jelasnya.
 
 Aan Suhanan menegaskan kedepannya, direncanakan untuk kendaraan listrik roda 4,  sebanyak 50 unit, sedangkan untuk kendaraan listrik roda dua ada 100 unit,

Pewarta: Muhammad Solih Januar

Editor : Rahmad


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2024