Nunukan (ANTARA Kaltim) - Berdasarkan data dari Panitia Pemilihan Luar Negeri Tawau, Malaysia, perolehan suara sementara pasangan calon presiden dan calon wakil presiden, Joko Widodo-Yusuf Kalla, sebesar 78,5 persen.

Konsul RI Tawau, Muhammad Soleh di Tawau, Rabu malam menjelaskan, perhitungan suara pasangan capres-cawapres yang dilaksanakan Panitia Pemilihan Luar Negeri (PPLN) Tawau dimulai pukul 14.00 waktu setempat bersamaan secara nasional di Indonesia dan PPLN lainnya di dunia.

Melalui rilis yang dikirimkan kepada Antara di Nunukan, Kalimantan Utara, perolehan suara pasangan capres-cawapres Prabowo Subianto-Hatta Rajasa (nomor urut 1) sebanyak 434 suara atau 21,5 persen dan pasangan Jokowi-JK sebanyak 1.582 suara atau 78,5 persen.

Proses pemungutan suara di PPLN Tawau dilaksanakan pada 6 Juli 2014 khusus untuk enam tempat pemungutan suara (TPS) di Kantor Konsulat RI Tawau dan tiga TPS bergerak dengan 2.015 pemilih warga negara Indonesia (WNI) dari 5.818 WNI yang terdaftar dalam DPT pilpres.

Penghitungan perolehan suara kedua pasangan capres-cawapres ini disaksikan tim sukses masing-masing dan mendapatkan pengawalan ketat dari aparat kepolisian dari Mabes Polri, kata Muhammad Soleh.

Muhammad Soleh juga menyampaikan bahwa pada 12-13 Juli 2014 nanti akan dilakukan perhitungan perolehan suara pemilihan menggunakan "drop box" khusus bagi WNI yang berada pada 32 lokasi ladang-ladang perkebunan kelapa sawit dan perkilangan yang jumlahnya mencapai 43.116 orang.    (*)

Pewarta: M Rusman

Editor : Amirullah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2014