Dinas Kesehatan (Dinkes) Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim) menyiagakan posko kesehatan di jalan strategis pada mudik Lebaran sebagai langkah antisipatif kegawatdaruratan agar pemudik bisa melakukan perjalanan secara sehat dan selamat.
 
"Posko-posko ini didirikan di jalur utama mudik dan di tempat-tempat wisata saat Lebaran," kata Kepala Dinkes Kaltim Jaya Mualimin, Selasa.
 
Posko-posko tersebut akan dioperasikan oleh petugas kesehatan dari puskesmas dibantu oleh relawan dari lembaga swadaya masyarakat (LSM), Palang Merah Indonesia (PMI), TNI, dan Polri.
 
Selain melayani kegawatdaruratan, posko-posko kesehatan tersebut juga akan menyediakan layanan skrining dan konseling kesehatan.
 
Jaya mengimbau kepada masyarakat untuk menjaga kesehatan selama mudik dan liburan. "Pastikan istirahat cukup, jangan memaksakan diri saat mengemudi, dan perhatikan kondisi kendaraan," katanya.
 
Masyarakat juga diimbau untuk menjaga pola makan dan minum agar tidak terjadi gangguan kesehatan.
 
"Jangan berlebihan dalam mengonsumsi makanan, terutama setelah berpuasa," ujarnya.
 
Jaya mengatakan, posko-posko kesehatan yang didirikan Dinkes Kaltim difokuskan di wilayah strategis, seperti jalan poros utama mudik rute Samarinda - Berau, Samarinda - Kutai Barat, serta rute menuju Kabupaten Paser dan perbatasan Kalimantan Selatan.
 
"Semua posko kesehatan sudah siap beroperasi delapan hari sebelum Lebaran dan delapan hari setelahnya, bekerja sama dengan puskesmas yang berdekatan dengan jalur poros," ujarnya.
 
Jaya berharap, posko-posko kesehatan tersebut dapat membantu masyarakat yang mudik agar sehat dan lancar hingga sampai tujuan.
 
Untuk mudik sehat, Jaya menyarankan kepada masyarakat untuk memastikan kondisi kesehatan prima sebelum berangkat, istirahat cukup dan jangan memaksakan diri saat mengemudi, serta memperhatikan kondisi kendaraan dan pastikan laik jalan.
 
Ia menambahkan, sebelum bepergian untuk mengonsumsi makanan dan minuman yang sehat dan seimbang, menghindari konsumsi makanan berlebihan, terutama setelah berpuasa saat arus balik.
 
"Semoga mudik dan liburan Lebaran kali ini berjalan lancar dan aman," harap Jaya.

Pewarta: Ahmad Rifandi

Editor : Rahmad


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2024