Samarinda (ANTARA Kaltim) -  Teknologi tepat guna adalah teknologi yang dirancang bagi suatu masyarakat tertentu agar dapat disesuaikan dengan aspek-aspek lingkungan, keetisan, kebudayaan, sosial, politik, dan ekonomi masyarakat yang bersangkutan.

Dari tujuan yang dikehendaki, teknologi tepat guna haruslah menerapkan metode yang hemat sumber daya, mudah dirawat, dan berdampak solutif minimalis dibandingkan dengan teknologi arus utama, yang pada umumnya beremisi banyak limbah dan mencemari lingkungan.

Dalam implementasinya di masyarakat penggunaan teknologi tepat guna ini sangat bermanfaat sekali dalam kebutuhan hidup. Teknologi Tepat Guna (TTG) dalam konteks pemberdayaan masyarakat, merupakan pemicu pertumbuhan.

Pemanfaatan TTG secara optimal oleh masyarakat akan mampu mewujudkan usaha masyarakat yang dapat mengefisienkan ongkos produksi, memperbaiki proses mutu produksi, meningkatkan kapasitas dan nilai tambah produk, sehingga dapat mensejahterahkan masyarakat, meningkatkan taraf hidup masyarakat, dan memberantas kemiskinan.

Hadirnya even TTG Kaltim ini mendapat respons positif dari legislator Karang Paci Safuad. Dalam kesempatan ini ia mengatakan bahwa program-program TTG merupakan terobosan yang sangat cemerlang dalam bidang teknologi dari segala sektor.

“Saya sangat menyambut baik program-program dari TTG ini yang tujuannya memang untuk perkembangan ilmu teknologi  dan juga untuk kebutuhan hidup bermasyarakat,” ucapnya.

Dalam upaya memeratakan dan meningkatkan pembangunan di seluruh Indonesia, tak terkecuali di Kalimantan timur (kaltim) pembangunan masyarakat perlu ditingkatkan. Sehingga dapat mencapai mutu kehidupan dan penghidupan masyarakat yang adil dan sejahtera. Apalagi di era globalisasi ini, masyarakat dituntut memiliki kemampuan untuk memanfaatkan TTG secara optimal guna peningkatan daya saing usaha hasil produknya guna peningkatan kesejahteraannya.

Dalam kesempatan ini pula politikus PDIP berharap agar pemerintah baik pusat maupun provinsi bisa mensosialisasikan terkait tentang teknologi tepat guna ini, tidak hanya menjadi alat peraga saja.

“Saya berharap agar pemerintah melalui instansi terkait mensosialisasikan teknologi tersebut, jangan hanya menjadi sebuah alat peraga saja jika ada event-event teknologi, karena ini adalah terobosan yang sangat bagus sekali dalam dunia teknologi khususnya dalam industri baik skala besar maupun rumahan. Saya pun berharap agar teknologi yang diciptakan tersebut tidak hanya di kota-kota besar saja diperkenalkan namun di desa-desa juga saya harap bisa cepat tersedia. Karena TTG ini sangat bermanfaat bagi masyarakat di daerah khususnya di bidang perkebunan, pertanian dan perikanan,” kata legislator Komisi II ini. (Humas DPRD Kaltim/adv/yud/dhi/met)


Pewarta:

Editor : Rahmad


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2014