Kepolisian Resor Kota (Polresta) Samarinda beraksi untuk menertibkan aksi balap liar yang kerap meresahkan warga di malam bulan Ramadhan. Operasi ini dilaksanakan di jalan-jalan protokol Samarinda dengan patroli gabungan kepolisian.
 
"Dengan semangat kebersamaan, personil gabungan melakukan patroli intensif menggunakan lampu biru, sambil memberikan imbauan persuasif kepada para pemuda yang berkumpul untuk segera membubarkan diri," ujar Kapolresta Samarinda Kombes Pol. Ary Fadli di Samarinda, Jumat.

Tidak hanya itu, katanya, petugas juga mengamankan kendaraan yang diduga kuat terlibat dalam aksi balap liar yang dipantau di Jalan Nuri, Kecamatan Sungai Pinang.
 
Kegiatan ini merupakan respons proaktif Polresta Samarinda dalam menjaga ketertiban umum dan mencegah tindak kriminalitas yang dapat merusak suasana khidmat di bulan yang penuh berkah ini.
 
Patroli di wilayah Kecamatan Sungai Pinang diharapkan dapat menekan angka kejahatan, khususnya yang berkaitan dengan curas, curat, hingga curanmor.

Dari patroli yang dilaksanakan pada Kamis dini hari, pihaknya berhasil diamankan enam unit kendaraan yang terlibat, langkah selanjutnya adalah penyerahan kendaraan tersebut kepada Piket Lantas untuk proses hukum lebih lanjut.
 
"Kegiatan ini berlangsung lancar dan situasi tetap terkendali, menciptakan rasa aman dan nyaman bagi warga sekitar," kata Ary pula.
 
Disampaikannya, aksi untuk menertibkan balap liar merupakan upaya yang dilakukan untuk mewujudkan keamanan dan ketertiban masyarakat, guna menciptakan suasana yang kondusif. Hal tersebut agar warga Samarinda bisa melakukan ibadah di malam Ramadhan dengan tenang.
 
"Balap liar tak memberikan manfaat. Justru banyak mudaratnya. Oleh karena itu, kami juga mengimbau kepada warga untuk tak ikut-ikutan kegiatan sahur on the road," ungkap Ary.
 
Polresta Samarinda berharap dengan upaya tersebut dapat memberikan kontribusi positif dalam menciptakan lingkungan yang kondusif, serta mendukung warga untuk menjalankan ibadah Ramadhan dengan tenang dan damai.

Pewarta: Ahmad Rifandi

Editor : Rahmad


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2024