Samarinda (ANTARA Kaltim) - Panglima Komando Daerah Militer (Pangdam) VI Mulawarman mengaku siap mengawal dan melakukan pengamanan terkait rencana kunjungan Presiden Susilo Bambang Yudhoyo (SBY) ke Provinsi Kaltim pada 18-19 Juni 2014.

"Kami akan mengerahkan personil di jajaran TNI, termasuk bekerjasama dengan jajaran Polda Kaltim guna menyukseskan seluruh rangkaian kegiatan guna menjaga kondusivitas dan keamanan daerah," ujar Pangdam VI Mulawarman Mayjen TNI Dicky Wainal Usman di Samarinda, Kamis.

Kehadiran SBY ke Kaltim tersebut untuk membuka gelar Teknologi Tepat Guna Nasional (TTG-N) yang dipercayakan kepada Provinsi Kaltim sebagai tuan rumah.

Gelar TTG-N akan dipusatkan di Kompleks Stadion Madya Sempaja, Samarinda selama enam hari, yakni mulai 18 Juni hingga 23 Juni 2014.

Presiden juga dijadwalkan meresmikan sejumlah proyek nasional yang ada di Kaltim, sedangkan peresmian proyek direncanakan dilakukan di Bandara Sepinggan Balikpapan, yakni di terminal yang baru.

Prinsipnya kata Dicky, secara teknis pihaknya siap mendukung penyelenggaraan dan menjaga keamanan. Semua akan dipersiapkan sesuai dengan standar pengamanan presiden.

Sebagai persiapan, pihaknya berencana menggelar rapat awal internal jajaran TNI AD mulai Jumat (23/5). Seminggu ke depan kemudian pihaknya mulai bergerak menggelar rapat gabungan dengan jajaran Polda Kaltim untuk pembagian tugas.

"Setelah formasi pengamanan ditetapkan, maka akan dilakukan gladi bersih pada H - 3 penyelenggaraan atau tanggal 15 Juni karena Bapak Presiden direncanakan tiba di Balikpapan pada 18 Juni," katanya.  (*)

Pewarta: M Ghofar

Editor : Amirullah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2014