Korem 091/ Aji Suryanata Kesuma (ASN) Kalimantan Timur aktif wujudkan Pemilu yang aman dan damai, baik dari pimpinan hingga prajurit di lapangan yakni Bintara Pembina Desa/Kelurahan (Babinsa).

"Kami berupaya mencegah ketegangan masa kampanye Pemilu dan memastikan bahwa proses Pemilu berjalan aman dan lancar," ujar Kepala Penerangan Komando Distrik Militer (Korem) 091/ASN Kapten CBA Yudhar Zainuddin di Samarinda, Senin.

Pada tingkat Babinsa, sejumlah upaya perwujudan aman dan damai Pemilu antara lain pendampingan penyelenggara atau pihak terkait Pemilu seperti Komisi Pemilihan Umum (KPU), Badan Kesbangpol, hingga panitia pengawas Pemilu (panwaslu) di kecamatan.

Pendampingan itu dilakukan pada kegiatan seperti sosialisasi Pemilu, bahkan saat membantu penertiban alat peraga kampanye (APK) yang dipasang tidak pada sesuai.

Yudhar mencontohkan anggota Koramil 0913-04/Sepaku, Kabupaten Penajam Paser Utara, Sertu Suparto dan Serda Kus Hariyanto, bersama unsur terkait menertibkan APK pada Sabtu (27/1).

Penertiban APK di Kecamatan Sepaku itu meliputi pembongkaran seluruh atribut kampanye seperti banner atau stiker partai yang dipasang tidak sesuai dengan tempatnya.

Lokasi yang menjadi sasaran penertiban APK adalah Kawasan Inti Pusat Pemerintahan Ibu Kota Nusantara (KIPP - IKN), rumah ibadah, fasilitas pendidikan, fasilitas pemerintah, termasuk tiang listrik, tiang telekomunikasi, pohon, dan lampu jalan.

"Kegiatan itu sesuai instruksi dari Bawaslu Kabupaten Penajam Paser Utara tentang Penertiban APK dan Bahan Kampanye yang melanggar PKPU Nomor 15/2023, Perbup Nomor 4/2009, dan sesuai Surat Edaran Otorita IKN, khusus di wilayah KIPP - IKN," katanya.

Penertiban APK juga dilakukan di Kecamatan Penajam, seperti di depan Pelabuhan Feri hingga perbatasan Kecamatan Waru.

Prajurit TNI, serta anggota Polri dalam kegiatan penertiban APK itu, menurut Yudhar, menjadi pendukung keamanan kegiatan. Sedangkan aparat pelaksana penertiban adalah Satpol PP.

"Kegiatan di Kecamatan Sepaku yang hadir adalah Babinsa Sertu Suparto dan Serda Kus Hariyanto. Sedangkan kegiatan di Kecamatan Penajam adalah Babinsa Serka Endratno dan Serda Aris," katanya.

Pewarta: M.Ghofar

Editor : Imam Santoso


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2024