Unit Pengumpul Zakat PT Pupuk Kalimantan Timur (UPZ Pupuk Kaltim) berhasil meraih lima penghargaan zakat dari tingkat Kota Bontang hingga Nasional di penghujung tahun 2023.
 
"Penghargaan ini diberikan sebagai bentuk pengakuan dan apresiasi terhadap kinerja UPZ Pupuk Kaltim yang telah berkontribusi secara profesional dan bermanfaat dalam pengelolaan dan penyaluran zakat di berbagai bidang," kata Ketua UPZ Pupuk Kaltim Nur Sahid melalui press release yang diterima ANTARA Kaltim di Samarinda, Jumat.
 
Dikemukakannya, salah satu penghargaan yang diraih UPZ Pupuk Kaltim adalah UPZ BUMN yang aktif berkontribusi dalam penanganan rumah tidak layak huni, menjadi rumah layak huni bagi warga kurang mampu. 
 
Lanjutnya, penghargaan ini diberikan oleh Pemerintah Kota Bontang pada ajang TJSL/CSR Bontang Awards 2023. UPZ Pupuk Kaltim dinilai telah meningkatkan program bedah rumah di Kota Bontang, terutama di kawasan sekitar perusahaan, yaitu Kelurahan Loktuan dan Guntung.
 
"Penghargaan lainnya berasal dari Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) RI, yang diberikan pada ajang UPZ Award 2023," sebut Nur Sahid.
 
UPZ Pupuk Kaltim juga meraih penghargaan UPZ BUMN Terbaik Pendukung Gerakan Zakat, UPZ BUMN Perencanaan Terbaik dengan predikat Bintang 4, UPZ BUMN Pengumpulan Terbaik dengan predikat Bintang 4, serta UPZ BUMN Penyaluran Terbaik dengan predikat Bintang empat.
 
Nur Sahid mengatakan, penghargaan ini merupakan bukti komitmen UPZ Pupuk Kaltim dalam menjalankan amanah muzakki dari karyawan Pupuk Kaltim untuk penyaluran zakat sesuai sasaran manfaat bagi umat. 
 
"Alhamdulillah UPZ Pupuk Kaltim tahun ini kembali meraih penghargaan dari berbagai pihak, atas komitmen menjalankan amanah muzakki dari karyawan Pupuk Kaltim untuk penyaluran zakat sesuai sasaran manfaat bagi umat," ujarnya.
 
Nur Sahid menjelaskan, selama lima tahun terakhir, UPZ Pupuk Kaltim terus berupaya profesional dalam pengelolaan dana zakat sesuai ketentuan dan aturan yang berlaku. 
 
Pihaknya juga mengedepankan prinsip 3A, yaitu Aman Syar'i, Aman Regulasi dan Aman NKRI. "Kami membumikan nilai zakat bagi masyarakat dengan mengedepankan prinsip 3A, yakni Aman Syar'i, Aman Regulasi dan Aman NKRI," katanya.
 
"Penyaluran zakat UPZ Pupuk Kaltim mengacu pada Peraturan Baznas Nomor 3 Tahun 2018 tentang Pendistribusian Zakat, serta UU Nomor 23 Tahun 2011 tentang Zakat dengan tujuan mendapatkan kemanfaatan dari dana zakat yang dikelola dan dikumpulkan," terangnya.
 
Ia menjelaskan, program yang dijalankan terbagi pada berbagai aspek, mulai dari penyaluran langsung dalam menyikapi kondisi sosial yang terjadi, pemberdayaan dan kesehatan masyarakat, bidang dakwah, hingga dukungan terhadap pengembangan pendidikan dan kapasitas sumber daya manusia.
 
Proses penyaluran zakat juga didasari sejumlah ketentuan sesuai kategori delapan asnaf penerima zakat, serta dikuatkan oleh survei dan verifikasi tim lapangan untuk memastikan kelayakan calon penerima. Kebijakan ini bersifat merata, baik untuk program yang diinisiasi UPZ Pupuk Kaltim, maupun berdasarkan laporan masyarakat yang masuk.
 
"Sejak awal terbentuk, UPZ Pupuk Kaltim telah menerapkan kebijakan untuk tidak menahan dana zakat sebagai kas, dengan penyaluran secara bertahap dan berkesinambungan," tutur Nur Sahid.
 
Ia mengatakan, program yang dijalankan terus dievaluasi untuk ditingkatkan, agar manfaat zakat yang disalurkan lebih berdampak signifikan, khususnya dalam mengentaskan kemiskinan dan kesenjangan sosial," lanjut Nur Sahid.
 
"Penghargaan di penghujung 2023 ini juga buah dari kerjasama serta komitmen kuat dari seluruh pengurus serta amilin, untuk melaksanakan tugas dan tanggung jawab mengawal amanah yang diberikan," ucapnya.
 
Menurut Nur Sahid, kesuksesan yang sejauh ini telah diraih UPZ Pupuk Kaltim juga atas doa serta dukungan Direksi bersama karyawan Pupuk Kaltim selaku Muzakki, serta sinergi yang baik dengan stakeholder dan relawan. Mulai di tingkat RT, Kelurahan, Kecamatan, hingga tokoh masyarakat dan Pemkot Bontang.
 
Oleh karena itu, penghargaan ini pun diharap dapat lebih meningkatkan kepercayaan muzaki atas dana yang terkumpul dan dikelola UPZ Pupuk Kaltim, sehingga amanah yang dipercayakan semakin maksimal dijalankan dengan manfaat yang makin dirasakan masyarakat.
 
"Insya Allah UPZ Pupuk Kaltim akan senantiasa memberikan pelayanan terbaik, utamanya dalam upaya pengentasan masalah sosial dan berbagai bidang lainnya di Kota Bontang. Tentunya berdasarkan ketentuan syar'i, regulasi dan NKRI," tutup Nur Sahid.

Pewarta: Ahmad Rifandi

Editor : Rahmad


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2023