Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Provinsi Kalimantan Timur (Dispora Kaltim) Agus Hari Kesuma (AHK) membuka Seleksi Pemuda Tingkat Provinsi Kaltim, di Hotel Aston Samarinda, pada Selasa(5/12), untuk mendorong pemuda kreatif dalam mengembangkan bakat

AHK mengatakan, seleksi ini diikuti pemuda pemudi perwakilan dari kabupaten/kota se-Kaltim. Terdapat empat kategori yang dilakukan seleksi dalam giat ini, yakni Pemuda Anti Narkoba, Pemuda Karang Taruna, Konten Kreator (Pemuda Anti Hoax), dan Pemuda Kesadaran Bela Negara.

Tujuan dari gelaran ini adalah mengajak para penerus bangsa bertindak dan berfikir positif dalam mengembangkan potensi diri masing-masing, agar kelak menjadi pemuda yang mandiri dan memiliki daya saing tinggi, sehingga pemuda Kaltim bisa berdaulat.

Gelaran ini juga untuk menyongsong pindahnya Ibu Kota Nusantara (IKN) ke tengah-tengah Provinsi Kaltim mulai 2024, sehingga pemuda harus bersiap karena Kaltim akan menjadi pusat perhatian bukan hanya nasional, tapi juga pusat perhatian dunia.

Sedangkan untuk memilih pemuda terbaik di Kaltim pada bidangnya masing-masing, lanjutnya, maka Dispora Kaltim berkolaborasi dengan organisasi perangkat daerah (OPD) dan lembaga terkait yang lebih memahami karena sesuai dengan tugas dan fungsinya.

Lembaga dan OPD yang digandeng dalam melakukan penilaian ini adalah Dinas Sosial Provinsi Kaltim, Badan Narkotika Nasional Provinsi (BNNP) Kaltim, Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kaltim, serta Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kaltim.

“Melalui kerja sama antar perangkat daerah ini diharapkan dapat membentuk generasi muda yang aktif, kreatif, dan inovatif dalam mengembangkan bakatnya, sehingga para pemuda dapat turut serta membangun Kaltim yang lebih baik,” katanya.

Seleksi Pemuda yang digelar oleh Dispora Kaltim ini dilakukan melalui Bidang Pemberdayaan Pemuda. Giat ini juga sebagai upaya menyambut bonus demografi pada 2045, karena bonus demografi harus dikelola agar banyaknya pemuda bisa berdampak positif bagi nusa dan bangsa. (Adv). 

Pewarta: M.Ghofar

Editor : Rahmad


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2023