Samarinda (ANTARA Kaltim) - Gubernur Kaltim Dr H Awang Faroek Ishak mengungkapkan telah mengusulkan 12 proyek yang akan diresmikan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono dalam waktu dekat. Atau kemungkinan besar pada pelaksanaan Gelar Teknologi Tepat Guna (TTG) Nasional XVI pada 18-23 Juni di Kompleks Stadion Madya Sempaja Samarinda.

“Mudah-mudahan semua proyek itu nanti bisa diresmikan Presdien. Karena beliau sudah menjanjikan setelah pemilihan umum, entah itu pemilu legislatif atau pemilu presiden dan wakil presiden. Apalagi,  dalam waktu dekat even Gelar TTG Nasional di Samarinda akan dihadiri Presiden, mudah-mudahan bisa sekalian melakukan peresmian,” ungkap Awang Faroek, Senin (21/4).

Sejumlah proyek yang diusulkan tersebut merupakan proyek-proyek strategis di Kaltim. Diantaranya Bandara Internasional Sultan Aji Muhammad Sulaiman Sepinggan Balikpapan. Tiga bandara di kawasan perbatasan, yakni di Long Bawan, Long Apung dan Datah Dawai.

Selanjutnya, peresmian Kawasan Ekonomi Khusus Maloy Batuta Trans Kalimantan (KEK MBTK) di Maloy-Kutai Timur. Peresmian Education Center, Balai Rehabilitasi Narkoba dan Masjid Al Ma’ruf di Samarinda. Kemudian ground breaking Institut Teknologi Kalimantan (ITK) di Balikpapan dan Institut Seni Budaya Indonesia (ISBI) di Tenggarong. Serta peresmian dua proyek migas.

Awang Faroek mengatakan pembangunan tiga Bandara di perbatasan sangat berperan strategis untuk pengembangan kawasan perbatasan, merupakan kawasan strategis nasional dan beranda terdepan NKRI (Negara Kesatuan Republik Indonesia).

Dia menyebutkan Mahakam Ulu sebagai daerah otonomi baru (DOB) di Kaltim yang mempunyai wilayah perbatasan akan terus dipacu pembangunannya guna mengejar ketertinggalan dari kabupaten lain.

“Pembangunan akses jalan dan jembatan yang dapat membuka keterisoliran Mahakam Ulu terus dilakukan. Selain itu, juga penyelesaian pengembangan Bandara Datah Dawai yang akan menjadi sarana bagi masyarakat di kawasan perbatasan Mahakam Ulu, baik untuk transportasi masyarakat maupun barang dan sembako untuk keperluan sehari-hari,” kata Awang Faroek. (Humas Prov Kaltim/her).

 


Pewarta:

Editor : Rahmad


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2014