Samarinda (ANTARA Kaltim) -   Pelaksanann Hari Kesatuan Gerak (HKG) PKK ke 42 dan Bulan Bhakti Gotong Royong Masyarakat (BBGRM) XI  tingkat Provinsi Kaltim   di Samarinda dari tanggal 19 - 21  April  2014 dinilai berlangsung  sukses.

“Mari kita beri aplaus kepada tuan rumah Samarinda yang telah menyelenggarakan  HKG dan BBGRM berjalan  sukses,” kata Gubernur Kaltim, Awang Faroek Ishak saat memberikan sambutan pada puncak peringatan HKG PKK  dan Pencanangan BBGRM ke XI di Gor Segiri Samarinda.

Ia mengatakan , TP- PKK  selama ini telah berpartisipasi dan berkarya dengan baik dalam pelaksanaan pembangunan, sehingga diharapkan supaya dapat  terus melanjutkan berbagai program  pemberdayaan masyarakat untuk peningkatan kesejahteraan .

Awang   menginstruksikan agar TP PKK aktif dalam pendidikan anak usia dini (PAUD), membantu pemerintah daerah dalam pengentaskan kemiskinan dan menciptakan lapangan kerja, khususnya bagaimana memberikan pendidikan dan pelatihan bagi rumah tangga untuk peningkatan ekonomi keluarga.

“ Mari kita berlomba-lomba, kepada  bupati  wali kota,  sukseskan satu desa satu PAUD, “ katanya..

Dia juga berharap  agar TP PKK bisa bekerjasama dengan semua SKPD, baik Propinsi maupun kabupaten/kota di Kaltim yang kegiatannya menyentuh langsung. Jadi  tidak ada satu pun SKPD yang tidak bersinergi dengan TP PKK.

Selain itu Awang  meminta  TP PKK membantu pemerintah daerah dalam pengentasan kemiskinan dan juga menciptakan lapangan kerja, khususnya bagaimana memberikan pendidikan dan pelatihan bagi rumah tangga untuk peningkatan ekonomi keluarga.

“Dengan kegiatan tersebut dapat mencapai tujuan pembangunan guna mewujudkan masyarakat sejahtera. Karena, dengan kerjasama yang baik antara pemerintah dengan seluruh pemangku kepentingan termasuk PKK dan Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (LPM), tujuan pembangunan tersebut dapat segera diwujudkan,” kata Awang Faroek Ishak.

Sementara Ketua TP PKK Kaltim Hj Encik Amelia Suharni Faroek mengatakan peringatan HKG yang dilakukan tidak sekedar  menciptakan kemeriahan sesaat, tetapi lebih memberikan makna dan ungkapan rasa syukur atas kiprah nyata gerakan PKK selama ini, dalam usaha memberdayakan dan mensejahterakan keluarga.

Hal senada juga disampaikan Ketua Panitia Pelaksana  HKG PKK ,Hj Puji Setyowati,  bahwa  peringatan HKG  bukan suatu kemeriahan sesaat yang ingin dicapai , tetapi bagaimana bisa intropeksi atas apa yang telah diperbuat  selama ini.

“ Samarinda  sebagai tuan rumah, bukan pujian yang kita cari, tapi bagaimana bisa memberikan kenyamanan ,  saling  bertukar informasi ,  dapat memberikan  manfaat bagi ekonomi kerakyatan,”katanya.

Puji Setyowati menambahkan tentunya  tidak ada gading yang tak retak untuk itu, dia  minta maaf  jika dalam penyelenggaraan ada kekurangan dan kesalahan baik yang disengaja maupun tidak sengaja.(*)


Pewarta:

Editor : Rahmad


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2014