Perpustakaan Kota Balikpapan, Kalimantan Timur, mulai tanggal 20 November 2023 menambah jam pelayanan untuk Senin hingga Kamis, yaknipelayanan hingga pukul 20.00 Wita.

Sekretaris Dinas Perpustakaan dan Arsip Kota Balikpapan Mufidah Hayati, di Balikpapan, Selasa, mengatakan bahwa penembahan jam layanan itu merupakan upaya pemerintah kota untuk meningkatkan minat baca masyarakat.

Dengan demikian, pada Senin sampai Kamis, layanan perpustakaan Balikpapan berlangsung mulai pukul 08.15 hingga 20.00 Wita. Sedangkan pada Jumat layanan buka pada pukul 08.15 sampai 15.00 Wita, dan Sabtu pada pukul 08.00 hingga 12.00 Wita.

"Perubahan layanan itu menjadi bentuk komitmen kami kepada warga yang selama ini sulit berkunjung ke perpustakaan pada siang hari, karena mungkin mereka bekerja atau bersekolah, sehingga jam layanan kami tambah," kata Mufidah.

Sementara itu, Kabid Perpustakaan Balikpapan Kartini mengatakan, jumlah koleksi buku di Perpustakaan Balikpapan mencapai 108 ribu judul untuk buku fisik. Sedangkan buku elektronik (e-book) mencapai 18 ribu judul.

“Total keseluruhan koleksi buku kita ada 126 ribu judul untuk semua disiplin ilmu. Tersedia juga surat kabar bentuk fisik dan digital,” ujar Kartini.

Kartini berharap penambahan jam layanan akan meningkatkan kunjungan masyarakat Balikpapan ke perpustakaan daerah itu, selain penyediaan fasilitas lain seperti multi-media dengan 16 unit komputer untuk pengunjung.

Data kunjungan ke perpustakaan yang terletak di Jalan Kapten Piere Tendean No.1 Gunung Pasir Balikpapan ini mencapai lebih dari 3.500 orang per bulan.

Jumlah kunjungan itu meningkat dibanding kunjungan saat Pandemi COVID-19 dengan sekira seribu orang per bulan. 

Ia mengajak masyarakat untuk berkunjung ke perpustakaan untuk meningkatkan pengetahuan, karena buku merupakan jendela dunia, baik buku secara fisik mapun buku elektronik.

Ini karena semakin banyak membaca buku, maka pengetahuan akan luas dan dunia ada dalam genggaman melalui berbagai ilmu dan informasi yang dimiliki, sehingga derajat orang yang banyak memiliki ilmu bisa dipastikan akan meningkat. (Adv)

Baca juga: Disputakar Balikpapan gencarkan gerakan donasi buku masyarakat

Pewarta: Novi Abdi

Editor : Imam Santoso


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2023