Sejumlah informasi seputar Kalimantan Timur (Kaltim) ditayangkan Kantor Berita ANTARA Biro Kaltim pada Sabtu (30/9), mulai Kaltim kini memiliki layanan bedah jantung terbukaa di RSUD Kanujoso Djatiwibowo yang diproyeksikan menjadi rujukan nasional, hingga salah satu desa di Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim), yakni Desa Tubaan, Kecamatan Tabalar, Kabupaten Berau berhasil mengumpulkan swadaya masyarakat senilai Rp18,79 miliar.
 
Berikut rangkuman informasi seputar Kaltim kemarin yang masih menarik untuk dibaca kembali.
 
1. Layanan bedah jantung terbuka
 
Rumah Sakit Umum Daerah ( RSUD) dr Kanujoso Djatiwibowo Balikpapan, Kalimantan Timur telah membuka layanan operasi bedah jantung terbuka.
 
"Saya merasa bahagia sekali, RSUD Kanujoso Djatikusumo, rumah sakit milik daerah ini bisa melaksanakan layanan bedah jantung terbuka perdana pada hari ini dan berjalan sukses,” kata Gubernur Kaltim Isran Noor saat meresmikan pembukaan layanan bedah jantung terbuka perdana di RSUD dr Kanujoso Djatiwibowo Balikpapan.
 
Berita selengkapnya bisa dibaca di sini.
 
2. Kumpulkan dana gotong royong Rp18,79 miliar
 
Salah satu desa di Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim), yakni Desa Tubaan, Kecamatan Tabalar, Kabupaten Berau berhasil mengumpulkan swadaya masyarakat senilai Rp18,79 miliar dari hasil gotong royong selama dua tahun pada 2021 dan 2022.
 
"Berkat kelebihan ini, maka Desa Tubaan masuk nominasi tiga besar lomba Bulan Bakti Gotong Royong Masyarakat (BBGRM) tingkat provinsi," kata Kabid Pemberdayaan, Kelembagaan dan Sosial Budaya Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (DPMPD) Kaltim Roslindawaty, di Samarinda, Sabtu.
 
Berita selengkapnya bisa dibaca di sini.
 
3. Salurkan 60 unit ambulans
 
Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur melalui Dinas Kesehatan (Dinkes) telah memberikan hibah 60 unit mobil ambulans untuk kegiatan sosial kepada yayasan, puskesmas dan masjid yang ada di Provinsi Kalimantan Timur. 
 
Kepala Dinkes Kaltim, dr Jaya Mualimin menjelaskan pemberian bantuan ambulans merupakan program dari Gubernur dan Wakil Gubernur Kaltim. Kali ini, Dinkes Kaltim mendapatkan bagian untuk menyalurkan ambulans tersebut
 
Berita selengkapnya bisa dibaca di sini.
 
4. Tahan pelaku narkoba
 
Unit Opsnal Polsek Samarinda Kota berhasil mengungkap kasus peredaran gelap narkotika jenis sabu-sabu dan mengamankan dua pelaku di Jalan Sultan Sulaiman (Pelita 3) Kelurahan Sambutan, Kecamatan Sambutan, Kota Samarinda, Jumat (29/9).
 
 "Dua pelaku yang diamankan adalah AS (23) dan HR (39). Keduanya ditangkap berdasarkan informasi masyarakat bahwa di tempat kejadian perkara (TKP) terdapat pelaku penyalahgunaan narkotika," ujar Kapolsek Samarinda Kota Kompol Tri Satria Firdaus di Samarinda, Sabtu.
 
Berita selengkapnya bisa dibaca di sini.
 
5. Penganggulangan stunting Penajam
 
Pemerintah Kabupaten Penajam Paser Utara, Provinsi Kalimantan Timur, menyiapkan sejumlah langkah untuk penanggulangan stunting atau gangguan pertumbuhan pada anak akibat kurang asupan gizi di daerah berjuluk Benuo Taka itu.
 
"Penanganan stunting harus dilakukan dengan perencanaan yang tepat, ujar Penjabat (Pj) Bupati Penajam Paser Utara Makmur Marbun di Penajam, Sabtu.
 
Berita selengkapnya bisa dibaca di sini.

Pewarta: Ahmad Rifandi

Editor : Rahmad


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2023