Nunukan (ANTARA Kaltim) - Perusahaan Listrik Negara (PT PLN) ranting Kabupaten Nunukan, Kalimantan Utara, akan membagikan lagi listrik gratis bagi warga miskin di daerah itu pada 2014.

Sekaitan dengan rencana itu, Kepala Bidang Ketenagalistrikan Dinas Pertambangan dan Energi Kabupaten Nunukan, Yosua Batara Payangan di Nunukan, Kamis membenarkan adanya keinginan PT PLN ranting Nunukan untuk kembali membagikan listrik gratis kepada warga tidak mampu yang sumbernya dari pembangkit listrik tenaga mesin gas (PLTMG) Sebaung.

Untuk mewujudkannya, kata dia, pihaknya telah berkoordinasi dengan pemerintah kecamatan yang daerahnya dilintasi jaringan PLTMG untuk mendata warganya yang dianggap tidak mampu untuk mendapatkan listrik gratis tersebut.

"Sekaitan dengan rencana PT PLN untuk membagikan listrik secara gratis kepada warga miskin, kami telah koordinasikan dengan pemerintah kecamatan untuk mendata warganya yang layak menerima," ungkap dia.

Yosua Batara Payangan mengungkapkan, sesuai petunjuk PT PLN setempat meminta mendata warga miskin sebanyak-banyaknya yang akan diberikan listrik gratis atau melebihi daripada program sebelumnya yang telah membagikan listrik gratis kepada 500 warga miskin di Pulau Nunukan.

Ia meminta kepada pemerintah kecamatan dan desa/kelurahan untuk mendata warganya yang dianggap kurang mampu memasang jaringan listrik untuk diberikan secara gratis berupa pemasangan dan instalasinya.

Menurut dia, PT PLN mematok setiap rumah akan diberikan tiga lampu dan satu colokan secara gratis bagi warga miskin di Pulau Nunukan, Sebatik dan Kecamatan Krayan.

Untuk Kecamatan Krayan, kata Yosua Batara Payangan, listrik gratis tersebut akan menggunakan pembangkit listrik tenaga mikro hidro (PLTMH) yang juga telah mulai beroperasi.  (*)

Pewarta: M Rusman

Editor : Amirullah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2014