Samarinda (ANTARA Kaltim)- Globalisasi baik yang menyangkut keterbukaan informasi, transportasi, komunikasi dan aspek hubungan antarmanusia umumnya, mampu memengaruhi kehidupan dan penghidupan berbangsa dan bernegara. Dalam kondisi demikian, pemanfaatan sumber daya pembangunan Indonesia perlu semakin ditingkatkan efektivitas dan efesiensinya.

Hasil-hasil industri Kalimantan Timur telah menempatkan sektor industri pada posisi yang semakin mantap terutama sektor industri kreatif dalam melanjutkan dan meningkatkan peran mencapai sasaran pembangunan.

DPRD Kalimantan timur sangat mengapresiasi hal tersebut. Hal itu di sampaikan Anggota DPRD Kaltim Abdurahman Alhasni, “Pada prinsipnya dewan sangat mendukung majunya usaha industri kreatif di kaltim khususnya di Samarinda. Adanya usaha itu sangat berdampak sekali pada sektor perekonomian daerah, paling tidak akan menjadi alternatif pemasukan keuangan daerah, “ ucapnya.

Menurut anggota Komisi II DPRD Kaltim yang membidangi dunia usaha serta perindustrian, industri kreatif harus bisa mandiri dalam mengembangkan usahanya.
“Sebaiknya dibentuk wadah agar mereka yang aktif bisa bekerja sama dengan pemerintah agar usaha mereka bisa dengan mudah disalurkan atau dipasarkan pada area market share yang lebih luas,” harapnya.

Pola itu juga dimaksudkan agar industri kreatif ini tidak jalan di tempat. Peran pemerintah sangat membantu sekali. “Sebaiknya pemerintah memberikan pelatihan, agar skill usaha mereka semakin terasah, DPRD dalam hal ini sangat merespons positif. Karena imbasnya, jika memiliki skill mumpuni. Daya beli masyarakat akan meningkat dan angka pertumbuhan ekonomi kaltim ikut merangkak naik,” ucapnya. (Humas DPRD kaltim/adv/yud/dhi/met)










Pewarta:

Editor : Rahmad


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2014